3 Tips Agar tidak Lemas Saat Latihan Fisik

doktersehat-gym-fitness-olahraga

DokterSehat.Com– Pada saat sedang melakukan latihan fisik, baik latihan kardio maupun latihan angkat beban tentunya dibutuhkan tenaga yang cukup banyak agar latihan tersebut bisa berjalan dengan maksimal. Akan tetapi, tidak sedikit orang mengalami kelelahan pada saat melakukan latihan fisik karena kekurangan tenaga. Jika hal tersebut terjadi, risiko cedera pada tubuh akan mengintai.

Oleh sebab itu, dibutuhkan solusi yang tepat untuk menghindari rasa lemas dan kurangnya tenaga saat melakukan latihan fisik. Berikut adalah 3 tips yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan latihan fisik agar terhindar dari masalah kurangnya tenaga.

1. Minum Jus Anggur

Banyak orang yang merasa takut untuk makan sebelum melakukan latihan fisik karena dianggap dapat menyebabkan kram dan mulas pada perut. Hal tersebut justru dapat membahayakan tubuh karena melakukan latihan fisik dalam keadaan perut kosong dapat menimbulkan risiko cedera yang parah. Hal ini diakibatkan karena perut yang kosong tidak dapat menghasilkan energi yang nantinya digunakan untuk melakukan latihan fisik. Untuk mengatasi masalah tesebut, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi jus anggur jika tidak ingin mengonsumsi makanan berat. Kandungan polifenol dan gula almk pada anggur dapat memberikan energi pada saat melakukan latihan fisik.

2. Makan Pisang

Sebelum memulai latihan, ada baiknya untuk mengonsumsi buah terlebih dahulu. Salah satu buah yang bisa Anda pilih adalah buah pisang. Seperti yang Anda ketahui bahwa buah pisang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun kulit. Buah pisang mengandung potassium dan gula alami yang mudah dicerna dan dapat memberikan tenaga lebih banyak. Selain itu, kandungan potassium pada pisang merupakan salah satu elektrolit yang membuat Anda berkeringat ketika melakukan latihan fisik.

3. Makan Sesuai dengan Tujuan Olahraga

Makan sebelum melakukan latihan fisik sebenarnya juga sangat diperlukan untuk memperoleh energi. Namun, jenis makanan yang dipilih harus sesuai dengan jenis latihan yang akan Anda jalani. Jika ingin latihan dengan kurun waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan berat yang mengandung karbohidrat baik, dua hingga tiga jam sebelum memulai latihan fisik. Akan tetapi, jika Anda sedang ingin menambah massa otot, sebaiknya memilih makanan yang mengandung protein tinggi.