Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mom, mendekati akhir tahun ajaran sekolah anak, biasanya sekolah mengadakan pementasan saat wisuda. Anak-anak umumnya akan tampil di depan umum menyuguhkan tarian, pidato, atau kreativitas lainnya. Salah satu yang mengganjal adalah bagaimana jika anak tidak cukup percaya diri untuk tampil di depan umum?

3 Tips Agar Anak Percaya Diri Tampil di Depan Umum

pic credit: george atanassov

Tips membuat anak percaya diri tampil di depan umum

Bagi orang tua, tentunya merupakan sebuah kebanggan tersendiri melihat si kecil dapat tampil di pentas dengan penuh percaya diri. Namun tidak semua anak bisa tampil di depan umum tanpa halangan. Hal ini kadang membuat orang tua tidak puas pada perkembangan anak. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Dampingi anak berlatih
Jika memungkinkan, Anda bisa mendampingi si kecil untuk berlatih. Latihan yang baik akan membuat penampilan anak semakin baik. Saat latihan, Anda bisa melihat perkembangan anak dan memberi masukan mana saja yang perlu diperbaiki. Terus berikan semangat dan kepercayaan diri pada anak bahwa ia pasti dapat tampil dengan baik.

2. Berikan gambaran umum pementasan
Selain latihan, berikan gambaran pada anak apa yang perlu ia lakukan di panggung. Hal ini akan membantu anak lebih siap menghadapi acara tersebut. Beri tahu pada anak bahwa ia akan tampil di hadapan banyak orang, termasuk Anda. Dan jika tampil baik, maka tentu Anda dan keluarga lainnya akan bangga.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Apresiasi hasilnya
Meskipun sudah berlatih dengan baik, wajar jika anak Anda melakukan kesalahan di depan umum. Apa pun hasilnya, tetap apresiasi anak setelah tampil. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dirinya sehingga anak tidak akan merasa kapok dan mau mencoba untuk tampil di depan umum dengan lebih baik lagi.

Nah, apakah Bunda punya tips agar anak mau tampil percaya diri di depan umum? Bagikan di kolom komentar ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi