Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Air putih merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dikatakan bahwa tanpa meminum air putih, maka seseorang tidak akan bisa bertahan hidup. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam air putih mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, bahkan kulit. Oleh karena itu, seseorang disarankan untuk meminum air putih minimal delapan gelas sehari.

doktersehat-minum-air-putih-sehat-1024

Saat meminum air putih, baik dari air minum kemasan, air galon, maupun air minum yang direbus sendiri, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu apakah air tersebut sudah bersih dan tidak tercemar. Pasalnya, air juga bisa tercemar bahan-bahan yang berbahaya, sehingga jika masuk ke dalam tubuh, maka dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri air minum yang telah tercemar agar bisa lebih berhati-hati. Berikut ini adalah beberapa ciri-cici air minum yang telah tercemar, diantaranya:

1. Berbau dan Memiliki Rasa yang Aneh

Seperti yang Anda ketahui bahwa air minum yang sehat adalah tidak berbau dan memiliki rasa tawar atau payau. Untuk terhindar dari bahaya air minum yang telah tercemar, sebaiknya Anda mencium terlebih dahulu air minum yang akan Anda minum.

Jika memiliki bau yang kurang sedap, berarti air tersebut sudah tercemar. Umumnya, air minum kemasan bisa terkontaminasi oleh zat-zat kimia yang sangat berbahaya. Oleh sebab itu, tetap berhati-hati saat ingin meminum air minum baik dalam kemasan maupun air minum yang direbus sendiri.

2. Keruh

Air minum yang aman untuk dikonsumsi adalah air minum yang jernih. Jika air minum yang ingin Anda minum ternyata keruh, bisa dipastikan jika air tersebut telah tercemar dan tidak layak untuk diminum. Air yang keruh biasanya disebabkan oleh sejumlah partikel mikroba yang tidak bisa dilihat dengan jelas.

3. Meninggalkan Noda

Ciri-ciri air minum yang telah tercemar selanjutnya adalah air akan meninggalkan noda pada benda-benda tertentu. Sebelum Anda meminumnya, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan terlebih dahulu apakah air minum tersebut meninggalkan noda seperti warna hijau kebiruan atau tidak.

Jika ya, kemungkinan besar air tersebut telah terkontaminasi oleh tembaga atau zat klorin. Tembaga atau zat klorin yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan masalah seperti kerusakan hati dan ginjal, anemia, dan masalah pencernaan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi