Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes tentu memahami bahwa asupan berbagai jenis makanannya harus diatur. Demikian pula dengan asupan jenis suplemennya karena pemilihan jenis suplemen yang tidak tepat justru bisa menyebabkan interaksi dengan obat diabetes.

3 Suplemen yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

Hal tersebut tentu tidak diinginkan karena bisa mengganggu keefektifitasan obat. Untuk itu penting bagi penderita diabetes memahami apa saja jenis suplemen yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, ada tiga jenis suplemen yang tidak aman dikonsumsi oleh penderita diabetes yaitu:

Suplemen herbal

Beberapa jenis suplemen yang sering disebut memiliki manfaat untuk penderita diabetes, yaitu bitter melonfenugreek, ginseng dan ubi, ternyata tidak membuktikan adanya keefektifan bagi penderita diabetes, bahkan beberapa diantaranya justru memberikan efek samping yang bisa memengaruhi kondisi kesehatan tubuh

St. Johns wort

Masih dalam golongan herbal, St. Johns wort tidak dianjurkan untuk penderita diabetes karena berpengaruh pada penderita diabetes karena berinteraksi dengan obat diabetes.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Aloe vera

Hampir mirip dengan St. Johns wort, suplemen aloe vera dapat berinteraksi dengan obat diabetes.

Kebanyakan jenis suplemen yang tidak dianjurkan adalah suplemen herbal karena data pendukung dan penelitian yang membuktikan kefektifitasan penggunaan jenis herbal tersebut masih menunjukkan hasil yang kontra.

Lalu, suplemen apa yang dianjurkan untuk penderita diabetes?

Penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral, yaitu vitamin C dan vitamin D. Vitamin C terbukti tidak memengaruhi kadar gula darah tubuh, sedangkan kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko komplikasi penyakit diabetes.

Selain itu, mineral magnesium dan kromium bisa dipilih karena asupannya yang kurang terpenuhi bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes. Selain itu, suplemen omega-3 juga baik untuk kesehatan tubuh penderita diabetes.

Nah, jadi kini Anda sudah tahu suplemen apa yang sebaiknya dihindari penderita diabetes, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi