Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa selai yang paling sering Anda tambahkan di atas roti atau camilan kesukaan? Kerap dihindari karena rasanya terlalu manis, ternyata selai bisa menjadi pilihan makanan yang juga sehat, lho.

3 Pilihan Selai Super Sehat

Dengan pemilihan jenis yang tepat, selai juga bisa memberikan asupan serat dan protein yang baik untuk tubuh. Lalu, apa sajakah jenis selai yang super sehat untuk tubuh kita?

1. Selai kacang

Selai yang satu ini sudah sangat hits dan banyak dijadikan bahan tambahan untuk camilan dan jajanan zaman now. Kacang merupakan olahan makanan yang kaya akan protein nabati. Selain itu kandungan fitokimia yang ada pada kacang juga tentu bisa kita rasakan dengan mengonsumsi olahan kacang ini ya.

Pilih selai kacang dengan rasa kacang asli, bukan dengan tambahan cokelat berlebihan. Penambahan gula atau cokelat pada selai berarti menambah asupan karbohidrat dan gula dalam tubuh. Hal ini sebaiknya dihindari karena selai kerap disajikan dengan makanan yang juga tinggi kandungan karbohidrat misalnya roti atau biskuit.

2. Selai buah dari buah asli

Selai umumnya identik dengan buah, ya. Selai stroberi, nanas atau apel bisa menjadi pilihan selai buah yang nikmat dan sehat untuk ditambahkan di atas roti. Pemilihan selai buah akan memberikan asupan serat, vitamin dan antioksidan dari buah.

Pilih selai buah yang terbuat dari buah segar, biasanya selai dari buah alami tidak disajikan terlalu lembut sehingga tekstur asli buah masih bisa terasa. Jangan lupa untuk memilih selai buah yang rendah kandungan gula buatannya ya. Jika Anda ingin mengatur penggunaan gula pada selai, membuat selai buah sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Selai dari olahan keju

Olahan keju belakangan ini hadir dalam berbagai jenis seperti keju oles atau selai keju mirip mayones. Selai dari bahan dasar keju ini bisa dipilih untuk memberikan asupan protein hewani bagi tubuh. Tidak hanya ditambahkan pada roti atau camilan berkarbohidrat saja, selai keju cocok untuk berbagai makanan misalnya mi atau sebagai saus makanan. Namun penting diingat untuk selalu memilih selai keju yang rendah lemak, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi