Terbit: 10 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa sumber bahan makanan MPASI favorit Anda? Memberikan MPASI untuk anak tentu harus bervariasi. Kadang kita kerap melupakan bahan makanan yang kita anggap kurang bergizi padahal bisa dijadikan bahan baku MPASI yang super sehat lho.

3 Variasi Pilihan Bahan Baku MPASI Super Sehat

Beberapa bahan baku yang digunakan sebagai MPASI dalam porsi yang cukup besar adalah bahan makanan berkarbohidrat dan sayuran berkarbohidrat, seperti jagung. Namun ada juga beberapa bahan makanan super sehat yang bisa kita jadikan pilihan MPASI untuk anak, diantaranya:

1. Ubi manis

Ubi manis bisa dijadikan bahan baku utama MPASI yang super sehat lho. Kandungan antioksidannya yang tinggi serta memiliki kandungan vitamin dan beta karoten yang tinggi.

Olahlah ubi manis sebagai pengganti nasi yang sama-sama merupakan sumber karbohidrat. Penggantian variasi sumber karbohidrat akan sangat baik untuk asupan gizi anak.

2. Labu

Labu memang tidak terlalu hits untuk diolah sebagai makanan utama, namun labu memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk asupan gizi anak. Warnanya yang kuning oranye menunjukkan kandungan vitamin C dan A yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk imunitas dan kesehatan mata anak.

Sama seperti ubi, olahlah labu menjadi sumber karbohidrat sebagai bahan baku utama MPASI anak. Selain asupan gizi yang bervariasi, anak juga akan mengenal berbagai macam rasa dan tekstur makanan baru, kan?

3. Kentang

Cukup mudah diolah, sumber makanan karbohidrat ini juga bisa menjadi pilihan variasi bahan baku MPASI yang sehat. Kandungan vitamin yang ada pada kentang akan melengkapi kebutuhan gizi anak, selain itu kentang cocok dipadukan dengan banyak jenis bumbu alami yang menyehatkan untuk anak.

Kini Anda bisa lebih memvariasikan bahan baku MPASI untuk anak sehingga asupan gizi anak juga akan semakin beragam, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi