3 Pilihan Makanan Yang Ampuh Cegah Osteoarthritis

salmon-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Selain osteoporosis, gangguan tulang yang cukup sering menyerang banyak orang adalah ostearthritis. Meskipun umumnya kondisi ini menyerang pada usia diatas 50 tahun. Namun pencegahannya bisa kita lakukan sejak usia muda dengan cukup banyak cara.

Menurut pakar kesehatan dan nutrisi dari Jerman, Uwe Grober, ada cukup banyak untuk mencegah kita mengalami osteoarthritis. Umumnya pencegahan dilakukan berkaitan dengan kondisi fisik tubuh dan kebiasaan makan.

Pada kondisi tubuh obesitas, risiko terjadinya osteoarthritis lebih besar. Untuk itu kita sebaiknya selalu memantau berat badan dalam kondisi normal.

Sedangkan untuk kebiasaan makan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk mencegah terjadinya osteoarthritis, yaitu:

1. Menerapkan pola makan sehat

Pola makan sehat yang seimbang porsinya serta bervariasi jenisnya, akan mendukung pemenuhan kebutuhan gizi. Selain itu asupan kebutuhan zat gizi mikro, yaitu vitamin dan mineral dapat tercukupi. Hal ini tentu penting karena asupan gizi yang terpenuhi akan mendukung kesehatan tulang hingga sendi yang baik.

2. Mengonsumsi ikan salmon

Grober menyebutkan bahwa konsumsi ikan jenis ikan air dingin, seperti salmon dan halibut tidak membebani fungsi tulang. Umumnya konsumsi ikan memang baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi ikan salmon juga memberikan manfaat utama dengan mencegah terjadinya osteoarthritis.

3. Menghindari makanan alergen atau makan tinggi asam arakidonat

Kondisi reaksi alergi sebaiknya dihindari utamanya yang terkait dengan alergi makanan. Selain itu senyawa yang mampu meningkatkan risiko osteoarthritis adalah asam arakidonat.Kandungan tersebut cukup tinggi pada daging merah dan hati sapi. Untuk itu kita dianjurkan membatasi asupannya.

Nah, itu dia pilihan makanan yang mampu mencegah terjadinya osteoarthritis.

Perlu diingat bahwa konsumsi makanan tersebut harus diiringi dengan mengontrol berat badan yang normal, agar pencegahan osteoarthritis bisa semakin optimal ya.