Terbit: 21 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa serat mampu mendukung diet penurunan berat badan. Umumnya kita memeroleh serat dari buah dan sayur, namun ternyata ada makanan tinggi serat selain buah dan sayur yang ampuh menurunkan berat badan. Apa sajakah itu?

3 Pilihan Makanan Tinggi Serat Yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tubuh kita membutuhkan serat sebanyak 25-30 gram sehari, namun umumya kita sulit memperoleh asupan serat sebanyak angka tersebut. Padahal menurut penelitian yang dilakukan dipublikasikan The Journal of Nutrition, jika kita rutin mengasup 8 gram serat saja per 1000 kalori makanan yang kita konsumsi maka berat badan dapat turun sebanyak 2-3 kilogram dalam jangka waktu 20 bulan.

Rata-rata kebutuhan orang dewasa indonesia adalah 2100 kkal untuk wanita, jadi dengan menggunakan hasil penelitian diatas, hanya dengan mengonsumsi 16-20 gram serat dalam sehari manfaat serat dalam menurunkan berat badan bisa kita rasakan. Jika kita bisa mengonsumsi hingga 30 gram dalam sehari, maka tentu penurunan berat badan bisa lebih besar lagi.

Untuk itu penting kita memilih bahan makanan tinggi serat yang tepat sehingga dapat membantu penurunan berat badan, diantaranya adalah:

  1. Kacang-kacangan 

Makanan kaya protein nabati seperti kacang kedelai dan kacang tanah, memiliki kandungan serat hingga lebih dari 6 gram jika kita mengonsumsinya sebanyak 100 gram, setara dengan 8-10 sendok makan kacang. Angka tersebut 2x lebih tinggi daripada kandungan serat yang ada pada buah tinggi serat misalnya apel.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Whole grain

Whole grain terbukti memiliki kandungan serat lebih tinggi yang berasal dari biji-bijan utuhnya. Sehingga dengan mengonsumsi 3 porsi whole grain, setara dengan 4-6 roti dari tepung gandum utuh, sebagai sumber karbohidrat kita dapat meningkatkan asupan serat dari makanan selain kacang-kacangan, buah dan sayur.

3. Sayur dan buah

Kita tentu tahu bahwa sayur dan buah adalah sumber serat yang baik untuk tubuh, maka konsumsi sayur dan buah paling sedikit 5 porsi dalam sehari akan memenuhi kebutuhan serat tubuh. Dalam 1 porsi buah, misalnya apel atau pir, terdapat kandungan serat sebanyak 3-5 gram. Sedangkan dalam dalam 100 gram (4-5 sendok sayur) sayur berdaun misalnya bayam terdapat 2-3 gram kandungan serat.

Nah, dengan memilih ketiga jenis makanan tersebut dalam sehari, maka kebutuhan serat tubuh kita akan terpenuhi lebih dari 6 gram dalam 1000 kalori. Sehingga hal ini selain baik untuk kesehatan juga akan mendukung penurunan berat badan secara bertahap dan sehat. Jadi tubuh kita mendapatkan banyak manfaat, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi