Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet memang sebuah aktivitas yang cukup menjenuhkan. Sebab, kita dituntut untuk menjaga pola makan serta mengimbanginya dengan olahraga yang rutin. Perlu konsistensi yang tinggi untuk melakukan program diet, maka banyak yang merasa jika program diet hanyalah aktivitas menyiksa diri sendiri. Sehingga tak jarang orang yang gagal di tengah-tengah program dietnya.

3 Pertanda Bahwa Diet Anda Sudah Berhasil

Photo Credit : pexels.com

Hal itu wajar, sebab bagaimanapun juga diet adalah sebuah pilihan yang harus dilakukan dengan penuh motivasi agar tidak berhenti di tengah jalan. Namun, tak sedikit pula orang yang benar-benar serius dan konsisten dalam menjalankan dietnya berbulan-bulan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Nah, setelah cukup lama mengatur pola makan dan melakukan olahraga ketat, apakah ada perubahan yang terjadi pada bentuk tubuh Anda? Pasalnya, keberhasilan diet akan ditandai dengan munculnya beberapa pertanda berikut ini.

1. Penurunan Berat Badan

Setelah cukup lama konsisten mengatur pola makan dan olahraga ketat, dapat dipastikan program diet Anda akan berhasil. Biasanya keberhasilan pertama ditandai dengan menurunnya berat badan secara stabil. Maksud dari stabil adalah tidak naik turun, akan tetapi tetap pada berat yang diinginkan. Saat sudah seperti ini, Anda bisa mengurangi intensitas diet secara perlahan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Metabolisme Meningkat

Salah satu pertanda diet Anda sudah berhasil adalah ditandai dengan metabolisme meningkat drastis. Dengan metabolisme yang baik, maka berat badan Anda menjadi lebih mudah terkontrol dan tidak sama seperti sebelum melakukan diet. Saat sebelum melakukan diet, metabolisme Anda sangat kacau sehingga jenis makanan apapun yang masuk ke dalam tubuh tidak akan mampu diproses dengan baik.

3. Tubuh Lebih Bugar

Kondisi ini pun menjadi salah satu tanda bahwa diet Anda sudah menuai keberhasilan. Anda bisa membandingkan serta merasakan sendiri, apakah ada perbedaan yang cukup signifikan pada kondisi tubuh Anda. Jika Anda sudah mengalami kebugaran dan merasa lebih enerjik, maka selamat, diet Anda sudah berhasil. Pilihan selanjutnya tergantung Anda, apakah ingin meneruskan atau menghentikan sampai di sini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi