Bayi Lahir Besar? Inilah Penyebab dan Risikonya

doktersehat-hamil-latihan-nafas

DokterSehat.Com– Saat hamil, ibu perlu memerhatikan kenaikan berat badan ibu dan janin. Kondisi bayi yang terlahir dengan berat badan berlebih dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada bayi.

Kondisi ibu hamil yang dapat menyebabkan bayi besar

Berat bayi baru lahir rata-rata berkisar antara 3-4 kg. Bayi yang lahir dengan berat 4 kg sudah termasuk dalam kategori bayi besar. Umumnya ibu yang memiliki bayi besar akan mengalami kesulitan menjalani persalinan normal. Bayi besar yang dilahirkan dengan persalinan normal dapat mengalami kerusakan saraf pada bahu, lengan dan leher bayi. Proses persalinan bayi besar juga berisiko ibu mengalami kehilangan darah yang cukup banyak saat melahirkan.

Selain itu kondisi bayi besar juga berisiko bagi kesehatan bayi seperti bayi mengalami obesitas, atau gangguan metabolisme lainnya seperti tingginya tekanan darah, tingginya kadar gula darah, yang memicu penyakit jantung stroke dan diabetes.

Kondisi bayi besar ini dapat terbentuk sejak dalam kandungan. Dilansir dari Mom Junction, ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi memiliki berat berlebih saat dilahirkan, yaitu:

1. Usia kehamilan
Ibu yang hamil di atas usia 35 tahun umumnya memiliki bayi yang besar. Hal ini disebabkan oleh proses metabolisme tubuh ibu yang berubah sehingga menyebabkan janin ikut terpengaruh.

2. Kadar gula darah ibu
Perempuan dengan BMI yang tinggi diyakini memiliki kadar gula yang lebih tinggi di dalam darah mereka. Kadar gula dalam darah meningkatkan produksi insulin yang juga berfungsi sebagai hormon pertumbuhan.

Jika ibu hamil mengawali kehamilannya dengan BMI yang sehat, dan memiliki gaya hidup sehat sepanjang kehamilan, maka risiko mengalami diabetes gestasional dan memiliki bayi yang besar dapat berkurang.

3. Genetik
Genetik juga memengaruhi ukuran bayi yang berada di dalam rahim. Jika orang tua memiliki gen bayi terlahir besar, umumnya anak yang dilahirkan juga akan memiliki berat badan yang besar.

Cara mencegah bayi terlahir besar

Cara utama mencegah bayi terlahir besar adalah dengan menjaga asupan makanan yang baik selama hamil. Anda tidak harus makan dua porsi hanya karena sedang hamil. Makan secukupnya dengan gizi seimbang akan membantu menjaga kenaikan berat badan Anda. Selain itu imbangi dengan olahraga dan aktivitas lainnya untuk menghindari penumpukan lemak.