Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki hewan peliharan sangatlah menyenangkan. Hewan yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kucing dan anjing. Kedua hewan tersebut memang banyak dipelihara karena memiliki tingkah pola yang cukup menggemaskan.

3 Penyakit ini Bisa Ditularkan oleh Hewan Peliharaan

Mereka terkadang menjadi manja dan ingin selalu berada di samping Anda. Bahkan, hewan peliharaan seperti anjing juga akan sering manja kepada Anda jika sedang menginginkan sesuatu dan pastinya Anda menganggap hal tersebut sebagai hal yang sangat lucu dan menggemaskan.

Padahal, dibalik sifat lucu yang ada pada hewan peliharaan, terdapat penyakit yang bisa menular pada manusia yang mungkin belum Anda ketahui, salah satunya adalah rabies. Penyakit ini umumnya disebut dengan anjing gila dan banyak dialami oleh anjing. Penyakit rabies dapat menyerang otak dan sistem syaraf manusia yang disebarkan melalui gigitan anjing. Penyakit ini sangatlah berbahaya, terutama pada anak-anak.

Rabies memang penyakit yang umum terjadi pada hewan. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa selain rabies, masih ada beberapa penyakit lain yang bisa ditularkan melalui hewan peliharaan Anda, diantaranya:

  • Diare dan Kram Perut

Hewan peliharaan memiliki bakteri salmonella yang hidup di usus mereka. Saat Anda memegang dan memeberi makan hewan peliharaan, kemungkinan besar bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh Anda jika Anda lupa mencuci tangan sebelu makan. Saat bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh, maka Anda akan mengalami diare dan kram perut. Bahkan Anda juga bisa mengalami infeksi gastroenteritis dan deman tifoid.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  • Penyakit Cat-Scratch

Saat Anda sedang bermain dengan hewan peliharaan seeprti kucing, tanpa disadari bahwa Anda terkena cakaran kucing Anda. Cakaran kucing tersebut bisa menularkan penyakit cat-scratch. Selain cakaran, penyakit ini juga disebabkan oleh gigitan kucing peliharaan Anda. Cakaran dan gigitan tesebut dapat berkembang menjadi infeksi dan menimbulkan efek rasa sakit yang luar biasa. Infeksi tersebut sangat fatal bila terjadi pada anak-anak, lansia, dan seseorang yang sedang menjalani perawatan medis seperti kemoterapi, serta penderita HIV-AIDS.

  • Kurap

Penyakit terakhir yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan adalah kurap. Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur mikroskopis yang juga dapat menyebabkan penyakit kaki atlet. Penyakit ini bisa Anda lihat pada hewan peliharaan jika rambutnya rontok dan berbentuk melingkar. Daerah tersebut akan bersisik dan gatal


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi