Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berenang menjadi kegiatan atau olahraga yang menyenangkan. Namun, di balik kesenangan dan segarnya bermain air, sayangnya terdapat pengarhu yang tidak terlalu baik untuk kesehatan rambut dan kulit Anda. Dilansir dari Livestrong, berikut ini adalah informasi mengenai pengaruh buruk air kolam renang untuk kulit dan rambut Anda.

3 Pengaruh Berenang di Kolam Renang untuk Kulit dan Rambut

1. Membuat Rambut Menjadi Kering

Air kolam pada umumnya mengandung klorin. Zat ini digunakan agar air kolam bebas dari bakteri. Sayangnya, klorin tidak bagus untuk kesehatan rambut karena dapat membuatnya menjadi sangat kering. Klorin diserap oleh akar rambut, hingga menyebabkan rambut kehilangan pelembap alami yang dimilikinya. Bahkan jika terlalu sering berenang tanpa menggunakan pelindung rambut, rambut Anda bisa rusak, bercabang dan mudah patah.

Agar terhindari dari klorin secara berlebihan, sebelum masuk ke dalam air, Anda bisa basahi rambut terlebih dahulu menggunakan air bersih. Air bersih dapat mencegah akar rambut menyerap klorin. Selain itu, Anda bisa menggunakan kondisioner rambut terlebih dahulu. Atau, gunakan pelindung rambut. Jangan lupa untuk mencuci rambut dengan bersih setelah berenang.

2. Membuat Kulit Menjadi Kering

Selain rambut, klorin pada air kolam renang juga dapat membuat kulit menjadi kering. Pengaruh buruk air kolam renang untuk kulit tidak hanya sampai situ. Lebih jauh, kulit bisa terasa gatal dan mengelupas. Klorin dapat menghilangkan kelembapan alami yang dimiliki oleh kulit. Untuk kulit sensitif, dampak bisa terasa lebih buruk.

Agar terhindar, atau sedikitnya meminimalisasi pengaruh buruk klorin untuk kulit, Anda bisa menggunakan tabir surya atau pelembap pada tubuh. Jangan lupa untuk segera membilasnya setelah Anda selesai berenang. Selain itu, Anda juga bisa minum lebih dahulu sebelum berenang dan selesai berenang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Rambut Bisa Berubah Warna

Rambut berubah warna menjadi agak kehijauan setelah terpapar klorin, merupakan sesuatu yang umum. Perubahan warna pada rambut disebabkan reaksi dari klorin dan pipa tembaga atau logam yang ada di dalam air kolam. Untuk mengatasi masalah ini, jangan lupa untuk menncuci rambut dan membilasnya sampai bersih.

Pengaruh buruk air kolam renang untuk kulit dan rambut tidak perlu membuat Anda menjadi khawatir dan berhenti berenang. Karena, masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit dan rambut dari pengaruh klorin tersebut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi