Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat digemari oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan olahraga ini memang cukup mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kepraktisan dari olahraga ini memang cukup membantu dan bermanfaat, sampai-sampai banyak yang mengatakan jika olahraga lari merupakan cara sehat yang paling mudah.

3 Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi oleh Atlet Lari

Photo Credit : pexels.com

Namun, walau cukup mudah, faktanya sampai saat ini tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam berlari karena fisik yang tidak memadai. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjadi tidak terlalu prima dalam olahraga lari. Salah satunya adalah nutrisi yang tidak memadai. Pasalnya, untuk dapat berolahraga lari dengan baik, ada beberapa asupan nutrisi yang perlu dipenuhi, berikut diantaranya:

1. Karbohidrat

Sebagai seorang pelari, Anda sangat membutuhkan nutrisi yang satu ini. Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi pembangkit energi yang bisa meningkatkan ketahanan fisik Anda untuk menempuh jarak lari yang jauh sekalipun. Selain itu, karbohidrat juga bisa digunakan untuk pemulihan otot serta fungsi penting tubuh lainnya ketika mengalami cidera saat lari.

2. Sodium

Banyak pakar kesehatan yang sependapat tentang ini, yaitu para pelari disarankan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung sodium. Sodium sendiri berguna untuk memenuhi cairan tubuh selama olahraga. Hal itu dikarenakan sodium merupakan elektrolit pertama yang keluar melalui keringat. Maka, dengan memperbanyak sodium, maka tubuh akan mampu mengontrol cairan lebih baik dari sebelumnya. Anda bisa mendapatkan nutrisi sodium dari berbagai makanan, seperti roti, keju, minuman berenergi, dan sebagainya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Zat Besi

Dalam olahraga lari, otot serta jaringan sangat rentan mengalami cidera. Maka dari itu diperlukan banyak zat besi sebagai solusinya. Seperti diketahui, zat besi sendiri sangat berguna untuk meningkatkan fungsi otot serta pembentukan sel darah. Jadi, ketika zat besi sudah terpenuhi, maka Anda akan menjadi lebih kebal terhadap cidera otot saat latihan. Adapun beberapa makanan yang memiliki kandungan zat besi seperti kacang-kacangan, sayuran, daging, buah, dan ikan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi