Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sperma merupakan cairan alami yang dihasilkan oleh pria saat melakukan hubungan seksual. Cairan ini keluar saat pria sudah mengalami ejakulasi atau saat mencapai orgasme. Sperma memiliki fungsi yang sangat penting, yakni untuk membuahi sel telur wanita yang nantinya akan berkembang menjadi janin.

3 Nutrisi Penting pada Makanan untuk Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma

Sayangnya, banyak pria yang masih memiliki jumlah sperma yang sedikit dan kurang berkualitas, sehingga menghambat mereka untuk memiliki keturunan. Pasalnya, dalam pembuahan nantinya hanya ada satu sel sperma saja yang berhasil membuahi sel telur dan sperma tersebut harus dalam kondisi bagus dan berualitas.

Apabila Anda termasuk pria yang memiliki jumlah sperma sedikit dan tidak berkualitas, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada 3 nutrisi pada makanan yang bisa dijadikan sebagai penambah sperma sekaligus memperbaiki kualitas sperma. Berikut diantaranya:

1. Makanan Mengandung Selenium

Selenium dipercaya dapat membantu menambah jumlah sperma. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsusi makanan yang mengandung selenium bisa merangsang tubuh untuk memproduksi sperma yang sehat. Selenium bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan, seperti ikan tuna, daging ayam, telur, nasi merah, hati sapi, bayam, dan masih banyak lainnya.

2. Makanan Mengandung Asam Folat

Tidak bisa dipungkiri lagi jika asam folat sangatlah baik untuk kesuburan, baik pria maupun wanita. Menurut sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kekurangan asam folat bisa membuat seseorang sulit memproduksi sperma yang berkualitas. Oeleh sebab itu, jika Anda ingin mengahasilkan sperma dalam jumlah yang banyak dan berkualitas, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin. Asam folat bisa Anda jumpai pada makanan seperti sereal, sayuran hijau, jeruk, kacang-kacangan, dan lain sebegainya.

3. Makanan Kaya Antioksidan

Makanan yang bagus untuk memperbaiki kualitas sperma yang terkahir adalah makanan yang tinggi akan kandungan antioksidan. Seperti yang Anda ketahui bahwa antioksidan bermanfaat sebagai pelindung dari radikal bebas. Sama halnya pada sperma, antioksidan ini berfungsi untuk membantu meningkatkan pergerakan sperma dan mencegahnya mengalami kerusakan. untuk itu Anda bisa mengonsumsi makana yang tinggi akan antioksidan seperti anggur, buah berry, sayuran hijau, wortel dan ubi manis.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi