Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menua adalah proses alami yang pasti dirasakan oleh setiap orang tanpa terkeculai, baik pria ataupun wanita. Proses penuaan tersebut dikarenakan adanya perubahan organisme serta sel di dalam tubuh seseorang. Maka dari itu, ketika seseorang bertambah usia, maka akan ada perubahan pada fisik serta psikisnya yang cukup menonjol.

3 Nutrisi Penting Bagi Wanita yang Mulai Menua

Photo Credit : pexels.com

Proses penuaan sendiri juga biasanya dibarengi dengan melemahnya sistem tubuh sehingga lebih rentan terkena penyakit. Dalam hal ini, wanita adalah yang paling berpotensi terkena berbagai macam gangguan medis sebab produksi hormon akan berkurang secara signifikan. Nah, untuk mengantisipasinya, Anda memerlukan penanganan dengan cara menjaga asupan nutrisi yang tepat.

Dilansir dari laman kesehatan Dailyhelath, berikut adalah 3 asupan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh wanita yang mulai menua.

  • Vitamin D

Vitamin D sangat berguna bagi kesehatan tubuh, khususnya tulang. Seperti diketahui, wanita berusia lanjut sangat rentan terkena penyakit tulang pada pinggul. Nah, dengan memenuhi asupan vitamin D, maka kemungkinan tersebut dapat diminimalkan hingga 30 persen. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam New England Journla of Medicine yang menganjurkan wanita berusia untuk lebih banyak mengonsumsi vitamin D.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  • Kalsium

Ketika sudah memasuki usia 30, setiap wanita disarankan untuk menambah kebutuhan kalsiumnya lebih banyak. Sebab , semakin tua usia seorang wanita, maka semakin banyak pula keluhan yang terjadi pada organ intim ketika memasuki periode menstruasi. Nah, kalsium bisa menangkal sakit yang muncul akibat penuaan tersebut. Adapun makanan yang mengandung kalsium seperti kedelai, tahu, kubis, sawi, ikan, dan sebagainya.

  • Asam Folat

Sampai saat ini, asam folat memang dikenal sebagai nutrisi untuk wanita pasca melahirkan. Namun, asam folat sendiri tak harus diberikan pada wanita hamil, tapi juga sangat penting bagi wanita yang mulai berusia lanjut. Sebab, asam folat bisa membuat produksi sel darah merah menjadi baik sehingga menurunkan risiko terjadinya gangguan tekanan darah di usia yang mulai menua.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi