Terbit: 13 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah mangga tidak hanya lezat dikonsumsi saja. Buah berwarna kuning juga dapat Anda gunakan sebagai bahan perawatan kulit. Buah ini kaya vitamin C serta mengandung kolagen yang akan membuat kulit Anda lembut dan kencang. Selain itu, buah ini mampu melembapkan kulit karena mampu menghidrasi kulit.

masker-mangga-doktersehat-1

Berikut ini beberapa tips masker mangga yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Yuk dicoba:

1. Masker untuk hidrasi kulit

Ambil daging buah mangga yang sudah matang. Berhati-hatilah saat mengambil daging buah mangga tersebut agar tidak terkena bagian kulit. Kulit mangga mengandung beberapa enzim yang dapat mengiritasi kulit. Selanjutnya tambahkan fuller’s earth (multani mitti) dan aduk semua bahan hingga merata dan membentuk pasta yang lembut.

Setelah tercampur rata, oleskan masker ini pada wajah dan leher dan diamkan selama 15 menit. Masker ini tidak akan mengering seperti masker lain pada umumnya. Setelah 15 menit, scrub perlahan kulit dengan gerakan memutar. Setelah selesai, bilas wajah dengan air.

2. Masker untuk segarkan kulit

Mangga juga dapat digunakan sebagai masker untuk menyegarkan wajah yang lelah setelah seharian beraktifitas. Caranya, siapkan daging buah mangga berukuran sedang. Tambahkan 7-8 almond yang sudah dihaluskan bersama dengan 2-3 sendok teh oatmeal, 2 sendok teh susu mentah, dan 3 sendok teh fuller’s earth. Haluskan semua bahan hingga merata. Oleskan masker ini pada wajah dan leher serta diamkan selama 15 menit. Selanjutnya lakukan scrub perlahan memutar pada wajah sebelum membilasnya dengan air.

3. Mangga sebagai body scrub

Anda juga dapat memanfaatkan buah mangga sebagai body scrub. Cukup siapkan daging buah mangga yang sudah matang, tambahkan 2 sendok teh susu mentah dan madu. Selanjutnya, tambahkan pula satu cangkir gula merah, aduk hingga merata. Gula merah adalah eksfoliator alami terbaik untuk kulit yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta lembut di kulit. Campur semua bahan hingga merata, kamudian lakukan scrub pada tubuh Anda menggunakan campuran ini. Bilas dengan air hangat.

Nah, itulah tadi beberapa jenis masker mangga yang bisa Anda buat sendiri. Siap punya kulit yang lembut dan sehat?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi