Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya mengenal keputihan abnormal sebagai satu-satunya masalah dari vagina. Penyakit yang membuat vagina terus mengeluarkan cairan kental dan bau tidak sedap ini kerap memberikan efek gatal dan kalau sudah parah membuat perut wanita jadi sakit selama beberapa hari.

3 Masalah Serius Vagina Selain Keputihan Abnormal

Selain keputihan abnormal yang bisa mengganggu aktivitas seksual, ada beberapa masalah serius lain yang juga bisa dialami oleh vagina. Berikut daftar selengkapnya.

1. Infeksi ragi atau jamur

Saat wanita kehilangan kelembapan alami dan flora normal yang ada di dalamnya mati, jamur dan ragi mudah sekali menginfeksi. Jamur akan membuat area di sekitar mulut vagina dan rongganya jadi gatal selama beberapa hari dan kalau sudah parah bisa muncul infeksi.

Infeksi karena jamur dan ragi dipicu karena kadar gula di dalam darah cukup tinggi. Selain itu, wanita yang jarang mengganti celana dalam secara rutin juga berpotensi terkena penyakit ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Iritasi karena bahan kimia

Ada kalanya sabun dan perlengkapan mandi yang sering dipakai oleh wanita menyebabkan masalah pada vagina. Kalau bahan yang digunakan membuat tubuh jadi alergi, area di sekitar vagina khususnya di bagian klitoris dan labia akan terasa cukup panas.

Kalau Anda sudah mengalami kondisi seperti ini disarankan untuk segera mengobatinya. Kalau tidak, labia dan klitoris bisa mengalami peradangan yang cukup akut.

3. Infeksi HPV

Infeksi dari HPV akan menyebabkan munculnya benjolan di sekitar area vagina. Benjolan ini membuat estetika dari vagina menurun. Selain itu benjolan yang berbentuk kutil ini juga kerap menimbulkan rasa gatal yang terlalu besar.

Oh ya, HPV bisa menyebar hingga ke dalam vagina dan anus. Parahnya lagi, beberapa jenis virus HPV bisa menyebabkan munculnya kanker serviks.

Mari lebih menjaga kesehatan dari vagina sejak dini. Jangan abaikan masalah kecil karena bisa mengancam kesehatan secara menyeluruh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi