Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sangat peduli dengan kesehatan dan kecantikan kulit Anda? Jika iya, apa saja yang sudah Anda lakukan untuknya? Jawaban Anda mungkin sekitar melakukan perawatan rutin seperti membersihkan kulit, mandi atau menggunakan produk perawatan kulit terkini. Tapi apakah Anda sudah tahu apa saja masalah kulit yang sering terjadi? Bisa jadi salah satunya terjadi pada Anda tapi sering Anda sepelekan.

3 Masalah Kulit yang Paling Sering Dialami Tapi Disepelekan

1. Kulit kering menimbulkan bercak

Di beberapa area kulit seperti tangan dan kaki, Anda mungkin menemukan area kering dan keras hingga berwarna agak beda dari sekitarnya. Ini bisa terjadi karena Anda memang berkulit kering atau kulit Anda sedang bersisik hingga belang radang atau eksim. Hal ini terjadi karena seiring dengan bertambahnya umur, kelenjar minyak mengering sehingga timbullah lapisan kulit mati. Namun disebutkan juga kalau sabun tertentu bisa jadi alasannya. Cara mengatasinya sederhana, Anda cukup memastikan kulit terhidrasi dengan baik jadi gunakan pelembab secara teratur.

2. Belang coklat di area pelipis hingga pipi

Belang berwarna coklat di area peipilis hingga pipi pada umumnya terjadi karena melasma, tapi bisa juga karena adanya lonjakan estrogen. Biasanya masalah ini akan hilang namun tetap bisa kembali lagi terlebih jika Anda sering terekspos matahari. Untuk mengatasinya, cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan tabir surya.

3. Jerawat benjol dan merah

Masalah jerawat tentu bisa menghilangkan rasa percaya diri apalagi jika sampai berwarna merah dan benjol. Penyebabnya bisa beragam mulai dari makanan, cahaya matahi, alkohol dan lain-lain. Cara menanganinya pun juga harus sesuai dengan penyebabnya. Disarankan untuk pergi ke dokter saja agar tidak salah penanganan.

4. Daging tumbuh

Biasanya ada di sekitar leher, dada dan juga perut. Daging tumbuh ini bukan sesuatu yang menular, umumnya mereka tumbuh karena gen. Masalah kulit yang satu ini tidak bisa dicegah tapi masih tergolong jinak. Cara untuk menaklukkannya hanya disarankan untuk datang langsung ke ahli kulit. Tidak disarankan untuk melakukan penanganan sendiri ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Apakah salah satunya sedang Anda alami? Jangan khawatir tapi jangan disepelekan juga ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi