3 Manfaat Senam Aerobik untuk Wanita Hamil

senam-kehamilan-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Saat sedang hamil, wanita pasti dianjurkan untuk lebih banyak istirahat dan mengurangi aktivitasnya. Hal tersebut dikarenakan jika wanita hamil sampai kelelahan, maka akan berimbas kurang baik pada kesehatan anak yang sedang dikandungnya. Selain itu, wanita hamil juga sangat rentan terkena gangguan tubuh karena terjadi perubahan-perubahan hormon yang tidak seperti biasanya.

Photo Credit : pexels.com

Tapi, wanita hamil juga tidak baik jika hanya berdiam diri di rumah tanpa bergerak. Anda juga sangat disarankan untuk melakukan peregangan, misalnya berolahraga. Namun, perlu diingat, jangan melakukan olahraga yang berat dan menghabiskan banyak tenaga. Lakukanlah olahraga ringan seperti senam maupun aerobik karena memiliki banyak manfaat bagi wanita hamil. Apa saja manfaatnya?

Berikut 3 manfaat aerobik bagi wanita hamil:

1. Menguatkan Otot Perut

Salah satu manfaat dari aerobik saat sedang hamil adalah menguatkan otot perut. Bagaimanapun juga, proses hamil sampai melahirkan, otot perut adalah otot yang paling dituntut bekerja lebih keras. Dengan melatih serta menguatkan otot perut sejak dini, Anda akan terbantu dalam proses melahirkan nantinya. Anda bisa melakukan gerakan pilates yang dipercaya baik untuk mempersiapkan rahim karena otot perut menjadi lebih kuat.

2. Memperlancar Kehamilan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aerobik bisa membuat otot perut Anda menjadi lebih kuat dan terlatih. Selain itu, aerobik juga bisa menguatkan otot vagina Anda sehingga saat melahirkan, Anda tidak akan membutuhkan energi yang terlalu banyak sehingga persalinan menjadi normal. Oleh karenanya, aerobik cukup penting dilakukan bagi wanita yang sedang hamil.

3. Menahan Berat Badan

Sudah menjadi rahasia umum jika wanita hamil, tubuhnya akan membengkak dan menjadi lebih gendut. Hal tersebut adalah wajar dan tidak bisa dihindari. Namun, kadang ada yang merasa takut jika ukuran badannya terlampau besar. Maka dari itu, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan aerobik ringan. Dengan rutin aerobik, lemak pada tubuh Anda akan lebih terkontrol dan tidak menjalar ke mana-mana yang bisa menyebabkan Anda gemuk total.