Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak jenis buah-buahan yang bisa dikonsumi dan baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah buah semangka. Buah semangka merupakan buah yang memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Mungkin seperti yang Anda ketahui, bahwa buah semangka dibagi menjadi dua jenis yakni semangka merah dan semangka kuning.

3 Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan

Photo Credit : pexels.com

Buah semangka kuning memang lebih sedikit penggemarnya dari semangka merah, namun rasanya tidak kalah manis dan enak dari semangka merah. Selain itu, semangka kuning juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan sehingga bagus untuk dikonsumsi secara rutin. Berikut 3 manfaat semangka kuning bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Menyehatkan Mata dan Kecantikan Kulit

Mata merupakan salah satu organ penting bagi manusia yang harus selalu dijaga dan dirawat kesehatannya. Memiliki masalah pada mata seperti mata minus maupun masalah mata lainnya cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain wortel dan pepaya, semangka kuning ternyata juga bisa menyehatkan mata karena mengandung vitamin A dan beta-carotene. Seperti yang Anda ketahui bahwa beta-carotene dibutuhkan oleh retina untuk diolah menjadi tambahan vitamin A yang dibutuhkan bagi perbaikan sel dalam organ mata. Selain itu, beta- carotene dan vitamin C yang terkandung dalam semangka kuning juga dapat menyehatkan kulit sehingga mampu menjadikan kulit lebih cerah, kenyal dan jauh dari kulit kering.

2. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ yang juga harus dijaga kesehatannya karena jika jantung mengalami masalah, maka akan membahayakan nyawa Anda. Semangka kuning bisa menjadi alternatif yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan jantung Anda karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalam buah semangka kuning tidak kalah dengan semangka merah. Selain menjaga kesehatan jantung, semangka kuning juga dapat melenturkan pembuluh darah sehingga mampu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Untuk itu, buah semangka termasuk semangka kuning sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Semangka kuning juga bisa menyehatkan saluran pencernaan karena mengandung air. Masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar dapat teratasi hanya dengan mengonsumsi buah ini. Tidak hanya itu, vitamin C dalam semangka kuning juga berfungsi mengobati sariawan dan panas dalam, serta mengatasi gejala maag seperti mual, heartburn, dan berbagai gejala lainnya yang beruhubungan dengan kesehatan pencernaan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi