3 Manfaat Mengonsumsi Madu Sebelum Tidur

manfaat madu-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Madu adalah cairan manis yang dan bertekstur kental yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Rasa manis tersebut disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang membuatnya menjadi mirip dengan rasa gula. Madu sendiri merupakan jenis cairan atau minuman yang sangat populer di dunia, khususnya Indonesia. Hal tersebut dikarenakan madu dipercaya memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh seseorang.

Photo Credit : pexels.com

Menurut jurnal yang dikeluarkan pada tahun 1981, madu memiliki komponen serta senyawa penting, mulai dari asam amino, enzim, asam organic, mineral, tepung sari bunga, sukrosa, maltose, melezitosa, dan masih banyak lagi. Madu sangat aman dikonsumsi kapan pun, khususnya saat Anda hendak tidur. Lantas, apa saja manfaatnya jika dikonsumsi sebelum tidur?

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut hasil penelitian dijelaskan bahwa madu bisa meningkatkan kadar insulin seseorang. Seperti diketahui, kadar insulin sendiri bisa merangsang pelepasan tryptophan di otak dan merubahnya menjadi serotonin, yaitu hormon relaksasi dan suasana hati yang tenang. Nah, dengan begitu kualitas tidur Anda akan menjadi lebih baik dan tentu saja tidur menjadi lebih nyenyak.

2. Membantu Detox

Tidur adalah salah satu cara terbaik bagi tubuh untuk detox, yakni membuang toxin atau racun di dalam tubuh seseorang. Nah, sampai saat ini madu dipercaya bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam detox. Jadi, orang yang mengonsumsi madu sebelum tidur, biasanya memiliki kulit yang kencang karena proses detox berjalan maksimal.

3. Menurunkan Berat badan

Bagi Anda yang sedang dalam proses diet, ada baiknya Anda mengonsumsi madu sebelum tidur. Karena madu diyakini bisa membakar kalori di dalam tubuh Anda. Hal tersebut dikarenakan madu madu bisa menjadi bahan bakar untuk hati dan memproduksi glukosa. Selain itu, kandungan kalori madu mentah juga terbilang baik untuk memberikan efek kenyang bagi tubuh Anda.