Manfaat Ginseng untuk Wajah dan Kesehatan

manfaat-ginseng-untuk-kulit-doktersehat

DokterSehat.Com– Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang kerap digunakan untuk merawat kesehatan tubuh. Ginseng telah lama digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat China dan Korea. Terkait khasiat ginseng untuk kulit, tanaman akar ini rupanya diklaim mampu membuat kulit lebih sehat dan cantik. Simak daftar manfaat ginseng untuk kulit dan kesehatan berikut ini!

Manfaat Ginseng untuk Kulit Lebih Cerah

Ginseng mampu menyeimbangkan dan meremajakan kulit yang luar biasa, membuatnya sama pentingnya dalam perawatan kulit seperti dalam kesehatan dan kebugaran. Nah, berikut ini manfaat ginseng untuk kulit yang perlu diketahui:

1. Mencegah penuaan

Manfaat ginseng untuk kulit yang pertama adalah menstimulasi dan mengaktifkan sistem metabolisme kulit, karena ginseng mengandung phytonutrients. Kondisi yang demikian tentu akan melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas, seperti paparan sinar matahari dan pencemaran lingkungan

Kandungan ginseng terdiri dari beberapa elemen yang meningkatkan produksi kolagen di lapisan tengah kulit, yang kita kenal sebagai dermis. Itu membuat kulit Anda lebih kencang.

2. Menjaga kulit tetap sehat

Ginseng sendiri merupakan tanaman herbal dengan kandungan bahan yang cukup lengkap. Tidak hanya kaya akan antioksidan, ginseng juga dilengkapi dengan vitamin serta mineral yang baik dalam menjaga kesehatan kulit. Bahkan, manfaat ginseng untuk kulit dapat meluruhkan sel kulit mati dan mengembalikan kecerahan kulit.

3. Mengatasi masalah kulit

Sejumlah masalah kulit seperti jerawat, rosacea hingga eczema ternyata dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi ginseng. Dilansir dari laman Stylecraze, ginseng mengandung bahan yang dapat melancarkan sirkulasi pembuluh darah vascular. Tidak heran jika manfaat ginseng untuk kulit dapat mengembalikan kesehatan kulit. Bahkan, ginseng menjadikan kulit tampak lebih cerah dan lembap.

4. Meningkatkan kompleksitas

Akar dan daun ginseng mengandung banyak antioksidan, mineral, dan vitamin. Bahan-bahan ini sangat bagus untuk kulit kita. Ketiga kandungan terebut berperan aktif dalam metabolisme sel-sel kulit. Manfaat ginseng untuk kulit ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel baru. Ginseng dalam bentuk teh dapat memurnikan dan merehidrasi kulit kita. Ini mereproduksi sel-sel kulit melalui oksigenasi.

5. Menyamarkan noda di kulit

Ginseng adalah toner yang sangat baik. Manfaat ginseng untuk wanita dapat membantu dalam pembentukan kolagen dan mengurangi bintik-bintik hitam di wajah. Anda dapat membuat masker ginseng sendiri dengan memadukan minyak ginseng dengan unsur-unsur penting lainnya yang baik untuk kulit.

6. Melawan penyakit kulit

Sebagian besar wanita menderita penyakit kulit seperti jerawat, eksim, dan kulit kasar. Metabolisme kulit yang tidak sempurna menyebabkan masalah ini. Manfaat ginseng untuk wanita dapat memperbaiki sirkulasi vaskular subkutan karena ginseng diserap kulit dengan mudah, juga membuat kulit Anda lebih muda dan cerah.

7. Ginseng bagus untuk kulit sensitif dan berminyak

Manfaat ginseng untuk kulit dapat membantu menetralkan kulit kering, dan karena sifatnya, dapat membantu kulit berminyak serta kulit sensitif. Ini memiliki kemampuan alami untuk menyeimbangkan minyak.

8. Mencerahkan kulit

Beberapa penelitian kecil pada ekstrak ginseng berry telah menemukan bahwa  ginseng memiliki potensi dalam mencerahkan tampilan kulit Anda.

Seperti kebanyakan herbal, manfaat ginseng untuk kulit juga melindungi kulit dari stressor lingkungan.

9. Perawatan penyakit kulit

Metabolisme kulit yang tidak sempurna berkontribusi pada masalah kulit seperti jerawat, eksim dan kulit kasar. Manfaat ginseng untuk kulit ternyata efektif dalam hal ini karena diserap oleh kulit sangat cepat dan meningkatkan sirkulasi pembuluh darah bawah kulit. Mengonsumsi ginseng secara rutin dapat membantu Anda menyingkirkan masalah ini, membuat kulit Anda cerah dan berseri.

10. Mengatasi kantung mata hitam

Manfaat Ginseng untuk kulit selanjutnya adalah dapat mengatasi lingkaran mata yang menghitam. Caranya, gunakan ginseng sebagai masker wajah di bagian kantung mata untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam.

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

Selain manfaat ginseng untuk kulit, tanaman herbal asal Korea ini juga sangat bermanfaat untuk kebugaran Anda. Ada dua senyawa pending di dalam kandungan ginseng: ginsenosides dan gintonin. Senyawa-senyawa ini saling melengkapi satu sama lain untuk memberikan manfaat kesehatan. Lebih jelasnya berikut ini manfaat ginseng untuk kesehatan:

1. Mengatasi diabetes tipe 2

Tahukah Anda bahwa manfaat ginseng mampu mengurangi kadar gula darah secara besar-besaran?

Menurut beberapa penelitian, ginseng dapat menurunkan kadar gula darah. Jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk diabetes, Anda dapat menggunakan ginseng. Namun, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal dalam kondisi seperti itu.

2. Menurunkan berat badan

Jika ingin mengendalikan berat badan, Anda harus mencoba teh ginseng karena membantu menurunkan berat badan dengan cara alami. Ekstrak dari ginseng berry serta teh ginseng telah menunjukkan beberapa potensi dalam menekan nafsu makan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat ginseng merah membantu kita menggunakan oksigen lebih efektif dan juga mengatur metabolisme. Sebagai hasilnya, kita dapat memulihkan lebih banyak energi dan juga meningkatkan stamina. Kualitas-kualitas ini telah membuat ginseng merah populer di antara para atlet.

Kita semua tahu bahwa para atlet harus mencapai stamina tingkat tinggi selama sesi latihan dan pertandingan mereka. Ginseng adalah ramuan terbaik untuk tujuan ini. Teh ginseng juga menunjukkan beberapa bukti merangsang sel-sel otak untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

4. Mengatasi kram menstruasi

Manfaat ginseng untuk wanita dalam bentuk teh dapat membantu mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan menstruasi. Tentunya khasiat ginseng yang satu ini akan terasa setelah dikonsumsi secara rutin.

5. Fungsi seksual pria

Manfaat ginseng merah Korea telah lama digunakan untuk merangsang fungsi seksual laki-laki. Cukup konsumsi ginseng merah secara teratur untuk meningkatkan fungsi seksual agar lebih maksimal.

6. Sistem kekebalan tubuh

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaar ginseng Asia dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama ketika digunakan oleh orang tua untuk menyembuhkan penyakit.

7. Mengurangi kelelahan

Berdasarkan studi 2012, para peneliti menemukan bahwa pasien kanker yang mengonsumsi 2.000 miligram ginseng murni setiap hari membantunya merasa kurang lelah setelah 8 minggu.

8. Meningkatkan kesehatan mental

Ginseng merah Korea terkenal dengan khasiatnya pada otak, yang dapat mengatasi kecemasan dan stres, dua hal yang memengaruhi otak. Terlepas dari ini, manfaat ginseng dapat meningkatkan seluruh sistem saraf.

9. Ginseng bermanfaat sebagai heart tonic

Manfaar ginseng merah Korea memiliki sifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk penyakit jantung karena sifat ini menurunkan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ini meningkatkan seluruh sistem kardiovaskular.

10. Mengurangi kolesterol

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa manfaat ginseng mengurangi tingkat kolesterol LDL yang buruk dalam tubuh kita. Ginsenocides dapat menjadi alasan di balik fungsi khusus ini.

Efek Samping Ginseng

Ginseng memang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, namun ginseng memiliki efek semping jika dikonsumsi oleh orang tertentu dan kondisi kesehatan tertentu. Berikut beberapa efek samping ginseng:

1. Berbahaya pada bayi dan anak-anak

Ginseng bisa tidak aman untuk bayi dan anak-anak. Pastikan anak Anda tidak mengondumsi ginseng dalam bentuk apapun.

2. Berbahaya pada kehamilan dan menyusui

Komponen tertentu dalam ginseng dapat menyebabkan keguguran. Dan tidak cukup diketahui tentang keamanan ginseng selama menyusui. Jadi, hindari penggunaannya jika Anda sedang hamil atau menyusui.

3. Kondisi jantung

Ginseng dapat memengaruhi irama jantung atau tekanan darah. Orang dengan masalah jantung harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ginseng.

4. Insomnia

Ginseng dapat menyebabkan insomnia, terutama jika diminum larut malam. Meminum ginseng di malam hari memang akan menghangatkan tubuh, namun hindari jika Anda memiliki masalah tidur.

5. Masalah selama transplantasi organ

Khasiat inseng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, itu mungkin mengurangi efektivitas obat yang diberikan untuk mengurangi fungsi sistem kekebalan tubuh sementara.

6. Masalah perdarahan

Ginseng dapat mengganggu pembekuan darah, dengan kata lain luka akan sulit disembuhkan dan darha akan terus mengalir. Hindari untuk mengonsumsi ginseng jika Anda memiliki kondisi perdarahan.

Jadi, sudah tahu kan manfaat ginseng untuk kulit, manfaat ginseng untuk wanita hingga efek samping nginseng?

Ginseng saat ini banyak dijual dalam bentuk suplemen, kandungan bahan aktif di dalamnya terbilang sama dengan ginseng yang segar. Bagi Anda yang tertarik mengonsumsi ginseng, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter ahli. Apalagi jika saat ini Anda tengah mengonsumsi jenis obat atau suplemen lainnya.