Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar tentang bakteri E. Coli ya. Bakteri eschericia coli ini kerap menjadi penyebab keracunan makanan. Namun sudahkah Anda tahu apa saja bahan makanan yang kerap terkontaminasi bakteri E.coli?

3 Makanan yang Rentan Terkontaminasi Bakteri E.Coli

Makanan yang kerap terkontaminasi bakteri E.Coli adalah minuman mentah, makanan segar dan daging. Ketiga makanan tersebut tentu sangat sering kita konsumsi ya.

Untuk itu kita perlu mewaspadai dan melakukan penanganan yang tepat pada bahan makanan yang rentan terhadap bakteri E.Coli tersebut. Beberapa bahan makanan dan hal yang perlu kita perhatikan adalah:

1. Daging giling

Daging giling menjadi bahan makanan yang paling rentan terkontaminasi bakteri E.Coli menurut WebMD. Hal ini disebabkan bakteri ini banyak hidup di beberapa bagian daging hewan. Pada saat penggilingan bakteri rentan tercampur dengan bagian daging lain. Hal inilah yang menyebabkan daging giling menjadi sangat rentan mengalami kontaminasi bakteri.

Untuk mengatasi hal ini, selalu pastikan mengolah daging giling hingga benar-benar matang, tanpa adanya bagian yang masih merah mentah/berwarna merah muda di daging.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Jus dari buah mentah dan susu mentah

Minuman yang mentah tidak melalui proses pemanasan atau pasteurisasi terlebih dahulu. Hal ini meningkatkan risiko adanya bakteri E.Coli pada bahan makanan.

Pencegahan kontaminasi E.Coli pada minuman mentah dilakukan dengan selalu memilih produk yang terpasteurisasi. Selain itu, merebus minuman yang kita tidak yakin keamanannya bisa jadi cara yang tepat untuk mencegah adanya E.Coli.

3. Buah dan sayur segar

Penggunaan pupuk dan air yang tercemar bakteri E.Coli menyebabkan buah dan sayur segar rentan terkontaminasi E.Coli. Namun lazimnya hal ini sudah dapat diatasi dengan standar keamanan pangan segar di pasaran yang cukup ketat.

Untuk mengurangi risiko E.Coli pada bahan makanan segar pastikan agar selalu mencuci bahan makanan segar, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi