Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika ingin menurunkan berat badan, Anda pasti lebih berhati-hati dalam memilih makanan dengan menghitung jumlah kalori yang terkandung di dalamnya terlebih dahulu. Tak jarang Anda juga merasa bahwa semua makanan yang terasa enak memiliki kalori tinggi sehingga takut untuk mengonsumsinya.

3 Makanan yang Dianggap Bisa Menaikkan Berat Badan namun Justru Bikin Badan Kurus

Photo Credit Flickr.com

Dan tak sedikit pula makanan yang Anda anggap bisa menaikkan berat badan serta membuat tubuh Anda menjadi semakin gemuk. Padahal, ada beberapa makanan yang sering dianggap bisa membuat tubuh gemuk tapi justru bisa membuat tubuh menjadi kurus. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang dianggap bisa membuat tubuh menjadi gemuk padahal bermanfaat untuk program penurunan berat badan.

  • Keju

Sebagian besar orang akan menjauhi keju ketika mereka sedang proses menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan keju dianggap bisa merusak proses penurunan badan, bahkan bisa membuat badan semakin gemuk. Padahal, keju mengandung protein yang berguna untuk pembentukan otot. Seperti  yang Anda ketahui bahwa proses pembakaran kalori dilakukan oleh otot. Selain itu, keju juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Dengan demikian, keju baik untuk dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan.

  • Yogurt

Yogurt sering disalah artikan sebagai makanan yang dapat menaikkan berat badan. Hal ini terjadi karena yogurt mengandung gula di dalamnya. Sebenarnya, itu tergantung dari pilihan Anda, jika Anda memilih yogurt yang mengandung gula buatan, maka kemungkinan besar badan Anda akan semakin membesar. Akan tetapi, jika Anda memilih yogurt polos, makanan ini berguna untuk menyehatkan pencernaan Anda karena yogurt polos mengandung probiotik tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  • Kentang

Kentang memang mengandung karbohidrat dan banyak dipilih untuk dikonsumsi saat menurunkan berat badan sebagai pengganti nasi. Namun, tak sedikit pula yang masih menganggap kentang sebagai makanan yang bisa menaikkan berat badan, serta makanan yang dapat mengacaukan proses penurunan berat badan. Akan tetapi, kentang mengandung karbohidrat kopleks yang justru akan membuat berat badan turun. Selain itu, kentang mengandung potassium dan serat yang akan membuat Anda merasa cepat kenyang.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi