3 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Keguguran

cokelat-dokrtersehat
Photo Credit: flickr.com

DokterSehat.Com– Siapapun pasti tak ingin mengalami keguguran. Namun karena sesuatu hal, beberapa calon ibu harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya keguguran.

Tidak mudah memang untuk menghadapi kehilangan janin dalam kandungan. Namun setiap orang tua perlu bangkit dari kesedihan dan kembali menjalani hidup dengan semangat. Selain bantuan berupa dukungan emosional, menjaga pola makan yang baik juga dapat memulihkan kondisi fisik ibu setelah mengalami keguguran.

Photo Credit: flickr.com

Makanan yang baik dikonsumsi setelah keguguran

Setelah keguguran ibu mungkin mengalami pendarahan, badan terasa lemas dan pusing. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi setelah mengalami keguguran, dilansir dari Mom Junction, antara lain:

1. Makanan kaya zat besi
Keguguran dapat menyebabkan pendarahan dalam jumlah banyak sehingga membuat badan ibu mengalami kekurangan zat besi. Gejala kurang zat besi ini juga bisa ditandai dengan badan yang lemas. Karena itu penting untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging merah. Namun ingat untuk selalu untuk memasaknya dengan matang.

Selain daging merah, makanan sumber zat besi lainnya adalah kedelai, nasi cokelat, kismis, lentil, dan sayuran berwarna hijau. Anda juga dapat mendapatkan zat besi dari buah-buahan seperti pepaya, stroberi, dan anggur.

2. Makanan kaya kalsium
Selama kehamilan, cadangan kalsium ibu dapat berkurang drastis. Itulah sebabnya mengapa ibu penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Beberapa sumber kalsium terbaik adalah susu, produk susu, ikan laut seperti salmon dan sarden buah kering, dan kedelai.

3. Makanan yang memiliki rasa enak
Setelah menghadapi kesedihan, Anda boleh makan makanan enak untuk menghibur hati. Makanlah makanan kesukaan Anda, dan makanan seperti cokelat dan kacang yang diketahui dapat memperbaiki mood.

Setiap orang menghadapi kesedihan dengan cara yang berbeda-beda dan membutuhkan waktu yang berlainan pula. Manfaatkan waktu Anda untuk menata hati dan memulihkan diri baik dari kondisi fisik maupun mental agar siap untuk kembali melanjutkan hidup.