Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua makanan pasti memiliki kedaluwarsa. Seringkali, waktu kedaluwarsa makanan dicantumkan pada label kemasan makanan tersebut sehingga mudah untuk diketahui kapan makanan itu seharusnya tidak dikonsumsi.

3 Makanan yang Aman Dikonsumsi Meski Melewati Tanggal Kedaluwarsa

Ketika makanan sudah memasuki tanggal kedaluwarsa, biasanya makanan tersebut dibuang karena sudah tidak layak dikonsumsi lagi. Makanan yang memasuki tanggal kedaluwarsa memang tidak seharusnya dikonsumsi karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Namun, tidak semua makanan harus dibuang ketika memasuki tanggal kedaluwarsa. Sebab, ada beberapa jenis makanan yang masih bisa dikonsumsi meskipun sudah memasuki tanggal kedaluwarsa. Berikut adalah 3 jenis makanan yang masih layak dikonsumsi meski melewati tanggal kedaluwarsa.

  • Buah dan Sayuran Beku

Buah dan sayuran memang akan sangat baik bila dikonsumsi masih dalam keadaan segar. Akan tetapi, jika Anda meletakkannya di kulkas, Anda juga masih bisa mendapatkan nutrisi dari buah dan sayuran tersebut. Seringkali, Anda menyimpan buah dan sayuran dalam kulkas dalam waktu yang cukup lama hingga menjadi beku. Melihat keadaan buah dan sayur yang sudah membeku, lantas Anda langsung membuangnya. Sebenarnya, buah dan sayuran tersebut tidak perlu Anda buang, sebab buah dan sayuran beku masih aman dan layak untuk dikonsumsi. Akan tetapi, jangan pernah mencairkannya lalu meletakkannya kembali ke dalam kulkas, karena hal tersebut dapat berpotensi menyimpan bakteri.

  • Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti keju dan yogurt menjadi pilihan utama saat sedang berbelanja di pusat perbelanjaan. Makanan tersebut bagus untuk kesehatan, terutama yogurt yang bagus untuk pencernaan. Ketika makanan tersebut memasuki tanggal kedaluarsa, Anda tidak perlu membuangnya, sebab keju dan yogurt masih aman dikonsumsi meski sudah melewati tanggal kadaluwarsa. Namun, Anda harus memperhatikan tanda pembusukannya, selain itu, produk susu biasanya bisa tahan hingga 5 hari batas tanggal kedaluwarsanya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • Sereal

Makanan ini biasanya dikonsumsi saat sarapan. Di samping rasanya yang enak, cara mengolah sereal juga cukup mudah. Sereal, pasta atau kue kering masih bisa dikonsumsi meski melewati tanggal kedaluwarsa. Akan tetapi, ada perubahan pada rasanya, yakni sedikit apek. Yang harus Anda perhatikan adalah kemasannya, jika kemasan kotak sereal rusak, itu tandanya sudah terkontaminasi dengan hewan pengerat sehingga Anda harus segera membuangnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi