Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Antioksidan tentu sangat erat kaitannya dengan pencegahan berbagai jenis penyakit, utamanya penyakit jantung. Tentu ada berbagai jenis bahan makanan yang tinggi akan antioksidan. Namun, hanya ada tiga jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk jantung.

3 Makanan Kaya Antioksidan Yang Baik Untuk Jantung

Menurut The Heart Foundation, antioksidan sangat diperlukan oleh orang dewasa untuk menjaga kesehatan jantung.

Antioksidan yang baik untuk dikonsumsi adalah yang berasal dari bahan makanan segar. Tiga bahan makanan tinggi antioksidan yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah:

1. Buah dan sayur

Seperti yang kita ketahui bahwa buah dan sayur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Untuk itu kita dianjurkan mengonsumsi minimal dua porsi buah, masing-masing 80-100 gram, serta lima porsi sayur dengan masing-masing porsi 80 gram dalam satu hari. Dalam jumlah tersebut asupan antioksidan tubuh dapat tercukupi untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Minuman teh

Teh terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. The Heart Foundation menganjurkan konsumsi teh, utamanya jenis teh hitam atau teh hijau untuk minuman sehari-hari. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal tentu saja kita perlu mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup tanpa tambahan gula atau susu berlebihan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Cokelat

Cokelat menjadi makanan favorit banyak orang. Namun cokelat yang baik untuk jantung adalah cokelat bubuk alami atau cokelat dengan kandungan cocoa yang masih tinggi, misalnya dark chocolate karena kandungan antioksidan cokelat tersebut lebih tinggi. Sama dengan teh, agar manfaatnya dapat kita rasakan dengan maksimal maka jika cokelat bubuk ingin Anda seduh, sebaiknya tidak menambahkan gula yang terlalu banyak ya.

Nah, itu dia tiga jenis makanan yang tinggi kandungan antioksidannya.

Kita sebaiknya mengonsumsi bahan makanan diatas sebagai asupan harian agar kandungan antioksidannya bisa dirasakan tubuh dengan maksimal karena rutin dikonsumsi.

Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi ketiga makanan di atas?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi