Hindari 3 Kebiasaan Buruk Ini Usai Bersepeda

bersepeda-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Suka bersepeda? Ya, selain mengasyikkan, bersepeda juga menyehatkan. Bersepeda merupakan salah satu latihan kardio yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Bersepeda termasuk dalam olahraga yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah mengingat kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga mampu mencegah terjadinya stroke.

Photo Credit : pexels.com

Bersepeda memang sangat menyenangkan. Saat bersepeda Anda bisa melihat pemandangan di sekeliling sehingga membuat Anda merasa senang dan dapat menghilangkan stres.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang mungkin Anda lakukan setelah bersepeda? Alih-alih mendapatkan manfaat, justru kebiasaan tersebut akan mengurangi bahkan menghilangkan manfaat olahraga bersepeda Anda.

1. Langsung Duduk

Sebagian besar orang yang telah selesai melakukan olahraga, baik lari ataupun jenis olahraga lainnya, mereka cenderung memilih untuk langsung duduk. Karena mereka merasa kelelahan setelah berolahrga, jadi mereka berpikir untuk langsung duduk untuk menghilangkan rasa lelah tersebut.

Begitupun dengan berolahraga sepeda. Tak sedikit dari mereka yang langsung memilih duduk setelah bersepeda. Padahal, tahukah Anda bahwa setelah berolahraga tidak dianjurkan untuk langsung duduk. Hal ini disebabkan karena jika Anda langsung duduk akan berpotensi terjadinya kram atau pegal.

Selain itu, saat berolahraga, terjadi peningkatan produksi asam laktat dalam darah sehingga pada saat Anda duduk akan terjadi penumpukan asam laktat.

2. Langsung Mandi

Setelah berolahraga, badan akan berkeringat dan merasa sangat gerah. Mungkin Anda berpikir untuk langsung mandi karena tidak tahan dengan rasa gerah tersebut. itu merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda hilangkan.

Perlu Anda ketahui bahwa mengguyur air dingin saat tubuh masih berkeringat akan membuat tubuh mengalami penurunan suhu secara mendadak dan membuat jantung berdetak pelan.

Oleh sebab itu, Anda harus menunggu terlebih dahulu sampai keringat di badan Anda hilang dan sampai detak jantung Anda normal kembali.

3. Langsung Makan yang Banyak

Olahraga memang membutuhkan tenaga dan energi yang banyak. Maka tak heran jika setelah berolahraga Anda akan merasa sangat lapar dan haus. Anda mungkin memiliki kebiasaan langsung makan yang banyak setelah berolahraga terutama setelah bersepeda.

Padahal, kebiasaan tersebut tidaklah benar. Dengan langsung menyantap banyak makanan, Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari olahraga bersepeda, karena berat badan Anda akan semakin bertambah.