Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengonsumsi beras hitam? Jika belum pernah, tidak ada salahnya Anda mencobanya sesekali sebagai pengganti beras putih. Walau beras hitam tidak terlalu populer layaknya beras merah, namun kandungan serta nutrisi yang dimiliki layak untuk diperhitungkan.

3 Kandungan Nutrisi dalam Beras Hitam yang Baik Bagi Kesehatan

Pasalnya, selain digunakan untuk makanan pokok, beras hitam juga biasa digunakan ketika seseorang sedang menjalani proses diet. Hal itu dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) yang mendapati hasil bahwa di dalam beras hitam, terkandung banyak gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, layaknya beras putih.

Mungkin Anda pun sering mendengar perdebatan terjadi mengenai keunggulan dari beras putih dan beras berwarna, misalnya beras merah atau beras hitam. Banyak yang mengatakan jika beras putih telah kehilangan banyak senyawa aktif ketika dimasak sehingga yang mengonsumsinya tidak mendapat asupan nutrisi yang baik, tapi hanya efek kenyang saja.

Berbeda dengan beras hitam, banyak pakar yang mengatakan bahwa beras hitam adalah jenis beras yang tidak bisa dikuliti. Maksudnya adalah walau telah dimasak, nutrisi yang dikandungnya tidak akan hilang dan tentunya akan memberikan manfaat bagi tubuh, tidak hanya efek kenyang. Nah, adapun beberapa kandungan dari beras hitam sebagai berikut.

1. Antioksidan Antosianin

Antioksidan dari beras hitam terdapat pada bagian kulit luar dalam jumlah yang banyak. Digadang jika kandungan ini bisa melawan sel kanker, jantung, diabetes, hingga penyakit mematikan lainnya. Selain itu, mengonsumsi beras hitam cukup direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki riwayat diabetes, karena beras hitam tidak mengandung gula terlalu banyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Vitamin E

Selain mengandung antioksidan antosianin, bagian kulit dari beras hitam juga kaya akan vitamin E yang sangat baik bagi peningkatan sistem imun tubuh dalam menangkal radikal bebas. Maka dengan rutin mengonsumsinya, tubuh Anda akan mampu mengusir kolesterol jahat secara alami yang bersarang di dalam tubuh.

3. Zat Besi

Kabar terkini mengatakan jika beras hitam memiliki kandungan zat besi tiga kali lipat bila dibandingkan dengan beras putih. Tentunya hal tersebut sangat berpotensi dalam memberikan kebugaran bagi tubuh. Tak hanya efek kenyang, zat besi ini juga bisa meningkatkan fungsi otot dan otak seseorang.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi