DokterSehat.Com– Apa buah favorit Anda? Ada cukup banyak buah di Indonesia dengan berbagai rasa yang khas. Maka dari itu sangat lazim jika kita mempunyai banyak buah favorit, salah satu diantaranya adalah buah jambu biji.

Jus-jambu-biji-doktersehat

Umumnya saat mendengar jambu biji kita kerap mengaitkannya sebagai buah yang baik untuk demam berdarah. Hal ini merupakan manfaat utama dari jambu biji yaitu memiliki kandungan cairan yang tinggi, yaitu lebih dari 80%. Dengan cairan yang tinggi tinggi tersebut jambu biji mampu mendukung penyembuhan demam berdarah.

Namun sebenarnya, kandungan gizi yang ada pada jambu biji bukan hanya cairan, menurut United States Departement of Agriculture beberapa kandungan gizi utama dari jambu biji adalah:

  1. Vitamin C

  2. Mendengar kata vitamin C kita pasti meganggap buah jeruk adalah juaranya, namun ternyata dalam 100 gram, atau satu buah sedang buah jambu terdapat 4 kali lebih tinggi dari vitamin C, yaitu 220 mg. Vitamin C bermanfaat bagi tubuh sebagai imunitas dan kesehatan kulit yang baik.

  3. Vitamin A

  4. Vitamin A dalam 1 buah sedang jambu biji adalah 600 IU angka ini lebih tinggi dari buah lain yang umum kita konsumsi misalnya pisang, jeruk atau pisang. Seperti yang umum kita ketahui bahwa vitamin A penting untuk mendukung fungsi kesehatan mata.

  5. Serat

  6. Sulit memenuhi kebutuhan serat harian tubuh? Jambu biji bisa jadi salah satu pilihan buah yang tepat. 5 gram serat akan kita peroleh dari 1 buah sedang jambu biji, angka ini memenuhi 20% kebutuhan serat harian orang dewasa Indonesia, yaitu 25-30 gram sehari, yang umumnya sulit dipenuhi jika pemilihan buah dan sayur tidak tepat. Serat pada buah jambu cukup tinggi jika dibandingkan dengan apel, jeruk dan pisang yang dalam berat yang kandungan seratnya tidak sampai 3 gram.

Buah jambu biji ternyata tidak hanya berguna untuk penderita demam berdarah saja, namun kita juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari berbagai kandungan gizinya.

Jadi, setelah melihat berbagai gizi yang ada pada jambu biji, apakah buah ini kini menjadi favorit Anda?