Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak goreng merupakan bahan pokok yang wajib ada di setiap dapur. Minyak goreng sendiri berfungsi untuk menggoreng berbagai jenis makanan. Banyak yang beranggapan, bahwa makanan apapun yang digoreng pasti memiliki rasa yang cukup lezat. Mungkin Anda salah satu penggemar makanan yang digoreng, bukan?

3 Jenis Minyak Goreng yang Aman Digunakan Walau dengan Suhu Tinggi

Namun, tahukah Anda bahwa makanan yang digoreng menggunakan minyak goreng dengan suhu cukup tinggi bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan tubuh?

Memasak dengan menggunakan minyak goreng yang bersuhu tinggi bisa menimbulkan zat karsinogenik dan juga beberapa zat berbahaya lainnya. Namun, tidak semua jenis minyak yang menimbulkan efek berbahaya ketika dimasak dengan suhu tinggi. Sebab, ada beberapa jenis minyak yang bisa dimasak dengan suhu tinggi dan bisa meminimalisir zat berbahaya yang ditimbulkan, diantaranya:

1. Minyak Avokad

Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui, apa itu minyak avokad? Minyak avokad merupakan minyak yang terbuat dari ekstrak alpukat. Meskipun minyak ini belum sepopuler minyak kelapa dan minyak zaitun, namun manfaatnya tidak kalah dari kedua minyak tersebut. Minyak avokad juga termasuk minyak sehat dan bisa digoreng dengan suhu cukup tinggi. Mulai sekarang, cobalah untuk menggunakan minyak avokad jika ingin menggoreng makanan.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah sangat popuer, termasuk di kalangan para pelaku diet. Sebab, minyak ini dianggap lebih sehat dibanding dengan minyak goreng biasa. Meskipun, cita rasa makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak zaitun sedikit berkurag, terlebih lagi jika digoreng dalam waktu yang cukup lama. Namun, Anda masih bisa mendapatkan manfaat kesehatannya. Minyak zaitun juga bisa digoreng dengan suhu yang cukup tinggi, namun sebelum menggoreng, cobalah untuk memilih minyak zaitun yang memang diperuntukkan untuk menggoreng makanan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Minyak Kelapa

Jenis minyak terakhir yang bisa dimasak dengan suhu tinggi adalah minyak kelapa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kualitas minyak kelapa tidak memburuk, bahkan saat digunakan untuk menggoreng pada suhu 180 derajat Celsius. Jadi, jenis minyak ini masih aman untuk menggoreng makanan kesukaan Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi