Terbit: 12 Maret 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kolagen merupakan jenis protein berserat dan tak larut yang jumlahnya tidak dapat dihitung dalam tubuh manusia. Kolagen sendiri memiliki fungsi sebagai fondasi utama dari tulang, urat, ligament, dan kulit. Adapun tempat bersarangnya kolagen antara lain pada pembuluh darah, kornea, dan gigi. Biasanya kolagen digunakan sebagai kebugaran kulit dan kecantikan wajah.

3 Jenis Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Jadi dapat dikatakan bahwa kolagen adalah salah satu jenis protein yang menyusun tubuh manusia sebab jumlah kolagen mencapai 30 persen dari seluruh protein yang berada di dalam tubuh. Namun, jumlah kolagen pun akan terus menyusut seiring bertambahnya usia. Maka dari itu sangat disarankan mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kolagen guna mengganti yang telah hilang.

Jenis makanan tersebut harus mengandung berbagai zat, seperti vitamin A, vitamin C, tembaha, omega 3, dan proline. Sebab beberapa kandungan tersebut bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Jika Anda ingin mengganti kolagen dalam tubuh, berikut 3 jenis makanan rekomendasi yang mengandung kolagen tinggi untuk tubuh Anda.

1. Sayuran Merah

Selain sayuran hijau, ternyata sayuran merah juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Sayuran merah dipercaya kaya akan likopen, yaitu antioksidan yang berfungsi sebagai pendukung dari produksi kolagen. Adapun sayuran merah seperti tomat, paprika merah, kubis merah, lobak merah, dan sebagainya. Perlu diketahui pula, sayuran merah juga banyak mengandung anthocyanin, antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko gangguan otak, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

2. Ikan

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kolagen paling tinggi. Kandungan omega 3 yang dimilikinya, menjadikan ikan sangat berguna untuk melindungi selaput lemak pada sekitaran sel kulit. Maka tak heran, ikan banyak digunakan sebagai terapi kebugaran agar kulit menjadi lebih kencang. Maka dari itu, jika Anda ingin menambah kolagen pada tubuh, perbanyaklah konsumsi ikan, khususnya ikan yang mengandung omega 3, seperti salmon.

3. Kedelai

Kabar gembira bagi Anda yang gemar mengkonsumsi kacang-kacangan, khususnya kacang kedelai. Sampai saat ini, kacang kedelai diyakini sebagai sumber kolagen yang baik karena kaya akan protein dan lisin. Selain itu, kedelai juga mengandung hurmon tumbuhan genistein yang mampu meningkatkan kolagen di dalam tubuh, menguatkan kulit, serta menghambat penuaan. Maka dari itu, mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin adalah pilihan tepat guna menambah kolagen yang bermanfaat bagi tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi