Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Alergi merupakan sebuah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Alergi bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Umumnya, seseorang akan mengalami alergi setelah mengonsumsi makanan, misalnya seafood yang dapat membuat kulit terasa gatal. Selain itu, alergi juga bisa terjadi ketika debu masuk ke dalam hidung sehingga menyebabkan flu.

3 Jenis Alergi Paling Aneh yang Wajib Anda Ketahui

Akan tetapi, alergi tidak hanya terjadi karena makanan atau debu saja, melainkan terjadi karena suatu hal yang cukup aneh. Jenis alergi ini dapat menyulitkan pengidapnya, sebab hal yang menjadi penyebab alergi tersebut tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah 3 jenis alergi aneh yang pernah dialami oleh seseoarang.

1. Alergi Uang

Uang merupakan sebuah alat tukar yang bisa diterima secara umum. Banyak yang beranggapan bahwa uang merupakan sumber kehidupan. Sebab, dengan uang seseorang bisa bertransaksi atau membeli barang dan keperluan yang mereka inginkan. Sehingga, uang sangat dibutuhkan dan tidak bisa lepas dari kehidupan seseorang. Namun, bagaimana dengan seseorang yang mengalami alergi terhadap uang? Kenyataanya, tidak sedikit orang yang mengidap alergi terhadap alat tukar ini, terutama uang logam. Uang logam terbuat dari bahan nikel yang dapat menimbulkan reaksi yang disebut dengan contact dermatitis. Seseorang yang mengidap alergi uang akan mengalami ruam di kulit dan menyebabkan gatal.

2. Alergi Sinar Matahari

Apa jadinya jika bumi tanpa sinar matahari? Semua makhluk hidup akan membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Matahari juga berfungsi sebagai sumber energi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, tak sedikit orang mengidap alergi terhadap sinar matahari. Seseorang yang mengidap alergi sinar matahari akan merasa gatal pada kulit, mual, bahkan sakit kepala. Bahkan, pada alergi yang parah, seseorang akan merasakan kesakitan jika terkena sinar matahari.

3. Alergi Air

Jenis alergi aneh terakhir yang dialami seseorang adalah alergi terhadap Air. Seperti yang Anda ketahui bahwa selain matahari, air merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup. Air mengandung nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Namun, apa jadinya jika seseorang mengidap alergi terhadap air? Seseorang yang mengidap alergi terhadap air akan merasakan gatal dan ruam pada kulit. Ruam pada kulit tersebut biasaya akan hilang dalam waktu 30 menit. Untuk itu, penggunaan antihistamin sangat disarankan untuk meringankan gejala yang muncul akibat dari alergi ini.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi