3 Hal Yang Terjadi Jika Konsumsi Obat Tidak Tepat Waktu

doktersehat-obat-minum-pneumonia

DokterSehat.Com– Sering dianggap sepele, namun nyatanya konsumsi obat tepat waktu kadang tidak semudah yang kita kira. Kita tentu kerap lupa, melewatkan waktu konsumsi obat bahkan menghentikan konsumsi obat jika dirasa kondisi tubuh sudah membaik, padahal kondisi tersebut justru bisa menimbulkan gangguan lain untuk tubuh lo.

Ada cukup banyak anjuran selama kita mengonsumsi obat, mulai dari berapa kali frekuensi obat, berapa hari/ lama obat dikonsumsi serta kapan waktu untuk mengonsumsi obat.

Untuk itu kita harus teliti dan teratur dalam mengonsumsi obat, jika tidak ada beberapa hal yang bisa terjadi, diantaranya adalah:

  1. Memperlambat proses penyembuhan

  2. Jika kita tidak mematuhi frekuensi konsumsi obat, misalnya anjuran konsumsi 3 kali namun hanya kita minum 2 kali, maka kadar atau dosis obat yang tersedia untuk tubuh menjadi tidak tepat. Dimana saat kita melewatkan satu kali minum obat, dosis sebelumnya sudah habis dan tidak dapat melindungi tubuh dari bakteri atau virus. Hal ini tentu memperlambat penyembuhan.

  3. Penyakit dapat muncul kembali dengan derajat yang lebih parah/ kuat

  4. Jika kita tidak teratur dalam mengkonsumsi obat hingga durasi minum obat menjadi lebih lama, atau menghentikan konsumsi obat dengan asal, maka tubuh akan mengalami resistensi, utamanya jika obat yang diminum adalah obat antibiotik. Hal ini akan membuat bakteri atau virus dalam tubuh bisa muncul kembali dan tidak mempan jika diberi obat dengan jenis atau dosis yang sama.

  5. Gangguan pencernaan

  6. Tentu Anda ingat jika salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah minum obat sebelum atau sesudah makan. US Food Drug Administration menyebutkan bahwa hal ini penting diperhatikan karena ada banyak jenis obat yang akan menyebabkan asam lambung meningkat jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, dan ada pula obat yang justru tidak bisa bekerja efektif jika lambung terisi. Jika kita tidak memerhatikan hal ini maka tentu manfaat obat untuk melawan penyakit tidak akan maksimal.

Nah, itu dia tiga hal yang bisa muncul jika kita tidak tepat jadwal, durasi dan waktu minum obat, jadi kini selalu usahakan untuk minum obat dengan teratur ya.