DokterSehat.Com -Pria manapun tak ingin mengalami masalah seksual. Namun ternyata tak sedikit pria yang mengalami disfungsi ereksi atau impotensi dan ejakulasi dini.

DokterSehat - Efek Mastrubasi, Mastrubasi Bikin Bodoh

Selain masalah tersebut, ada juga pria yang sulit mendapatkan orgasme sehingga ejakulasi dan kenikmatan saat berhubungan seks susah didapatkan.

Masalah susah orgasme ini berbeda dengan gangguan seks lain. Pria tetap bisa melakukan penetrasi dengan baik dan ereksi berjalan dengan lancar. Namun, orgasme susah didapatkan sehingga pria kerap alami capek sebelum puncak seks didapatkan.

Susah Orgasme? Ini Penyebabnya

Gangguan susah orgasme yang terjadi pada pria, biasanya terjadi karena beberapa di bawah ini:

1. Gangguan hormon
Banyak atau sedikitnya hormon yang ada dalam tubuh pria memengaruhi kualitas seks hingga akhirnya mendapatkan orgasme. Kalau hormon seksual seperti testosteron rendah, pria akan sudah mendapatkan kenikmatan, libido turun, dan ejakulasi akan susah didapatkan.

Gangguan hormon ini dipicu oleh banyak hal. Konsumsi obat-obatan tertentu seperti narkoba dan antidepresan membuat hormon jadi tidak stabil. Lebih lanjut, usia dari pria juga memengaruhi jumlah hormon di dalam tubuh.

2. Kerusakan saraf
Saraf pada tubuh bekerja sebagai penerima rangsang. Kalau saraf mengalami kerusakan, rangsangan tidak bisa didapatkan dengan mudah. Pria akan susah dapatkan ereksi maksimal, rangsangan susah diterima otak, dan akhirnya orgasme serta ejakulasi tidak bisa terjadi.

Kerusakan saraf pada pria yang menyebabkan gangguan orgasme biasanya terjadi karena diabetes, stroke, dan multiple sclerosis.

3. Perubahan Kondisi Psikologis
Tidak semua pria menggebu-gebu saat berhubungan badan dengan pasangannya. Di luaran sana banyak juga pria yang canggung sebelum berhubungan seks. Mereka tidak percaya diri dan merasa tidak mampu melakukan hal itu sehingga berdampak pada kualitas hubungan. Pria yang sudah tidak nyaman sejak awal akan susah dapatkan orgasme.