Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dada pria cenderung lebih kecil ketimbang wanita. Salin itu, pembesarannya juga terjadi karena dilatih dan bentuk cenderung kotak dengan sebagian besar isinya adalah otot, tidak lemak seperti dada wanita. Meski dada pria cenderung lebih kecil, pada kondisi tertentu, dada juga bisa membesar dan muncul benjolan.

3 Hal yang Memicu Munculnya Benjolan pada Payudara Pria

Kalau pada wanita, benjolan aneh pada payudara bisa langsung diasosiasikan dengan kanker payudara atau tumor. Nah, kalau pada pria, apa yang menyebabkan munculnya benjolan pada payudara? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kanker payudara

Kanker payudara pada pria adalah kejadian yang cukup langka. Bahkan peluang terjadinya hanya satu persen sari total kasus. Kanker payudara pada pria biasanya terjadi pada pria yang berusia 60 tahun ke atas. Jadi, pria muda jarang sekali mengalaminya meski pada kondisi tertentu kanker bisa saja terjadi.

Oh ya, secara umum kanker payudara pada pria terjadi karena ada paparan radiasi, memiliki riwayat kanker payudara meski dari keluarga perempuan, kelainan genetik, dan sirosis hati yang parah.

2. Ginekomastia

Ginekomastia adalah kelainan pada payudara yang terjadi bukan karena kanker. Biasanya kondisi ini terjadi karena adanya perubuhan hormon di dalam tubuh. Kalau kadar estrogen di dalam tubuh pria meningkat khususnya saat masa puber, pembesaran payudara bisa saja terjadi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Ginekomastia juga disebabkan oleh gagal ginjal, hipertiroidisme, dam munculnya tumor pada testis.

3. Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah benjolan yang lembut dan kenyal saat dipegang. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita. Meski demikian, kemunculan pada pria kerap terjadi dan hingga sekarang para ahli belum tahu apa yang menyebabkannya. Sementara itu, mereka menduka ketidakseimbangan hormon adalah pemicu munculnya kondisi ini.

Kalau Anda menemui benjolan pada payudara, segera bawa ke dokter dan lakukan pemeriksaan. Khawatirnya benjolan itu adalah kanker yang berbahaya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi