Terbit: 1 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pengelupasan kulit yang terjadi secara tiba-tiba kerap membuat Anda merasa tidak nyaman. Pasalnya, kulit yang tiba-tiba mengelupas kerap disertai dengan sejumlah gejala seperti rasa gatal yang kunjung hilang. Kendati demikian, pengelupasan kulit secara tiba-tiba ternyata tidak hanya disebabkan oleh hilangnya kelembapan pada kulit, namun juga sejumlah hal berikut.

3 Hal yang Membuat Kulit Anda Mengelupas

1. Mengalami Sunburn

Salah satu faktor yang menyebabkan kulit terkelupas secara tiba-tiba adalah mengalami sunburns. Dilansir dari laman Stylecraze, terlalu lama menghabiskan waktu di bawah sinar matahari dapat menghilangkan kelembapan kulit. Efek dari radiasi sinar UV juga memicu pengelupasan kulit. Hal ini terjadi lantaran sinar UV membunuh sel kulit dan memberikan sensasi rasa terbakar. Akibatna, sel kulit yang mati akan terkelupas dan digantikan oleh sel kulit baru.

2. Menggunakan Bahan Kimia

Bahan kimia yang terkandung pada kosmetik maupun skincare juga menjadi penyebab mengelupasnya kulit. Dilansir dari laman Stylecraze, bahan kimia yang biasa digunakan pada produk peeling ternyata memegang peranan besar dalam pengelupasan kulit. Alih-alih meluruhkan sel kulit mati, bahan kimia tersebut juga merusak lapisan sel kulit yang sehat dan menyebabkan luka.

3. Kulit Kering

Seperti yang telah diketahui, kulit yang kering juga berisiko tinggi mengalami pengelupasan. Kulit yang kering pada umumnya disebabkan lantaran kulit kehilangan kelembapannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari penggunaan produk yang salah hingga terlalu sering berada di udara yang dingin.

Pengelupasan kulit secara tiba-tiba tidak hanya menjadikan kulit terasa gatal dan panas. Sebagian orang justru merasa kurang percaya diri saat kulit wajah mengalami pengelupasan. Namun, jangan khawatir. Pasalnya masalah satu ini dapat diatasi dan dicegah dengan mudah. Anda hanya perlu menggunakna produk yang mengandung moisturizer dan menjaga asupan cairan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi