Terbit: 29 April 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mom, Anda tentu menyadari bahwa si kecil akan banyak belajar dan mencontoh perilaku Anda. Namun Anda juga perlu tahu bahwa orang tua sebenarnya bisa banyak belajar dari perilaku balita. Apa saja?

3 Hal Sederhana yang Bisa Dipelajari Ortu dari Balita

Photo Credit: pexels.com

Ini yang bisa dipelajari dari orang tua dari balita

Tingkah laku bayi memang tidak bisa ditebak. Kadang lucu, menggemaskan, namun tak jarang dapat membuat orang tua khawatir. Jika diperhatikan, sebenarnya banyak perilaku balita yang dapat dicontoh oleh orang tua. Beberapa di antaranya:

1. Mudah disenangkan oleh hal-hal kecil dan sederhana
Anda pasti pernah membelikan si kecil mainan bagus dan mahal, namun mainan yang paling sering dimainkan anak justru mainan murah seperti galon bekas, toples kue plastik, atau perabotan rumah tangga yang sudah tidak terpakai lagi. Hal-hal kecil seperti ini yang kadang dilupakan orang tua, bahwa kebahagiaan sering datang dari hal yang sederhana.

2. Tidur siang
Balita membutuhkan waktu tidur yang cukup lama dalam sehari. Pada perkembangan balita, ia kadang membutuhkan waktu tidur siang satu atau dua kali dalam sehari. Hal ini merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilupakan oleh orang tua. Memang tidur siang bukanlah hal yang mudah dilakukan orang tua di tengah padatnya aktivitas sehari-hari. Namun jika Anda punya kesempatan untuk melakukannya, sempatkanlah untuk tidur siang. Tidur siang dapat bermanfaat untuk mengisi ulang tenaga Anda.

3. Mengeksplorasi hal baru

Balita perlu mengeksplorasi banyak hal untuk beradaptasi pada lingkungan sekitarnya. Nah pada orang dewasa, kadang terpaku pada rutinitas dan kesibukan lain sehingga tidak punya waktu untuk mengeksplorasi hal lainnya. Coba tanyakan pada diri Anda, kapan terakhir kali Anda mempelajari hal baru di luar kebutuhan pekerjaan Anda?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi