3 Hal Penting Agar Lingkungan Mendukung Pola Makan Sehat

makan-daging-doktersehat
Photo Credit: Reader's Digest

DokterSehat.Com– Pola hidup sehat tentu tidak bisa terlepas dari peranan lingkungan di sekitar kita. Meskipun tidak bisa dengan mudah kita bentuk, namun kita perlu memahami lingkungan seperti apa yang mampu mendukung pola hidup sehat, utamanya dalam hal pemilihan makanan sehat.

Center for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa ketidakpahaman tentang lingkungan yang tepat untuk mendukung pola makan sehat bisa menyebabkan terjadinya obesitas. Lingkungan yang tidak mendukung, meningkatkan risiko obesitas bahkan kepada anak-anak.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja poin terkait lingkungan yang mampu mendukung pola makan sehat, diantaranya adalah:

1. Tersedianya berbagai jenis bahan makanan

Pola makan sehat adalah yang seimbang dan bervariasi, selain itu, kesegaran bahan makanan juga menjadi salah satu penentu suksesnya penerapan pola makan sehat. Seperti yang kita ketahui asupan gizi yang baik adalah yang diperoleh dari bahan makanan segar. Maka dari itu ketersediaan bahan makanan segar di sekitar lingkungan, baik yang dijual di pasar tradisional, supermarket ataupun pedagang keliling, penting untuk mendukung pola makan yang sehat.

doktersehat-shopping-label-makanan-kadaluarsa

2. Informasi tentang kandungan gizi bahan makanan

Baik bahan makanan segar, mentah maupun kemasan, kita sebaiknya mengetahui apa saja kandungan gizi yang ada di dalamnya. Umumnya hal ini bisa diterapkan pada bahan makanan yang dijual di supermarket. Jika bahan makanan yang akan kita beli memiliki label keterangan gizi, maka perhatikan apakah ada gizi yang sebaiknya kita hindari atau batasi konsumsinya karena kondisi medis, misalnya alergi.

3. Menyediakan porsi sesuai kebutuhan berdasarkan usia

Hal ini khusus diterapkan oleh beberapa fasilitas umum misalnya sekolah, restoran atau rumah sakit. Yang menjadi fokus tentu saja porsi yang tepat untuk anak-anak. Poin ini penting untuk mencegah anak mengalami obesitas. Kita bisa menerapkan poin ini di kehidupan sehari-hari dengan menyediakan porsi khusus untuk anak-anak setiap kali makan.

Nah, itu dia tiga hal penting yang perlu ada di sekitar kita untuk mendukung pola makan yang sehat. Kini Anda sudah tahu apa saja poin di lingkungan yang mampu mendukung pola makan sehat, ya.