Terbit: 1 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bisul bisa muncul di mana saja kalau kulit pada tubuh kotor atau terjadi iritasi. Umumnya bisul bisa muncul pada wajah yang terlalu berminyak atau pada punggung yang sudah dilihat dan dibersihkan.

3 Hal Biasa yang Bisa Picu Munculnya Bisul Vagina

Selain pada tempat yang dianggap umum, bisul juga bisa muncul di sekitar alat kelamin khususnya vagina. Mengerikan sekali bukan?

Nah, kalau Anda tidak ingin mendapatkan bisul pada vagina dan mengganggu aktivitas harian serta seks. Hindari melakukan 4 hal di bawah ini.

1. Waxing

Waxing dilakukan dengan menempelkan cairan lengket ke area rambut vagina. Selanjutnya cairan itu ditempelkan pada kertas atau kain tipis sebelum akhirnya ditarik. Saat waxing rambut di area kemaluan akan bersih dan menyisakan rasa sakit.

Area pubis yang sakit saat waxing ini harus segera diatasi dengan krim yang memberi efek dingin. Kalau hal ini tidak dilakukan, area pubis akan mengalami peradangan, infeksi, dan muncul bisul yang memiliki nanah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Mencukur dengan alat

Alternatif lain dari waxing adalah dengan mencukur area pubis dengan pencuku jenggot. Cara ini diambil oleh wanita untuk mengurangi rasa sakit saat waxing yang terlalu besar. Selain itu, cara ini juga lebih murah dan hemat bujet perawatan.

Sayangnya saat mencukur rambut kemaluan, pisau cukur bisa saja melukai kulit. Kondisi ini bisa memicu infeksi dan memunculkan bisul atau bulatan bernanah lainnya.

3. Pakaian terlalu ketat

Pakaian terlalu ketat menyebabkan area vagina jadi panas dan lebap. Kondisi ini menyebabkan area vagina jadi mudah ditinggali bakteri dan kuman yang menyebabkan iritasi pada kulit dan tentu saja memunculkan adanya bisul yang sakit saat disentuh.

Nah, terbukti kan kalau hal sederhana sekali pun bisa membuat vagina mendapatkan gangguan. Jadi, lebih berhati-hati lagi ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi