Jarang yang Tahu, Ini 3 Manfaat Tak Terduga Bagian-Bagian Buah Jeruk

manfaat-jeruk-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk penggemar jeruk? Buah yang satu ini memang super menyegarkan, memiliki rasa yang nikmat dan mudah diperoleh, ya. Tak heran jeruk menjadi primadona di dunia buah.

Anda mungkin sudah hafal bahwa jeruk menjadi bahan makanan yang bermanfaat sebagai sumber vitamin C yang tinggi, ya.

manfaat-kulit-jeruk-untuk-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Akan tetapi, ada cukup banyak manfaat dari konsumsi bagian-bagian jeruk yang ternyata jarang diketahui orang, lho.

Manfaat ini tidak hanya bisa Anda dapatkan dari bagian dagin buahnya saja, namun juga dari banyak bagian dari jeruk. Penasaran? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan zat dan gizi yang ada pada jeruk

Vitamin C memang merupakan salah satu jenis zat gizi yang paling banyak ada pada buah jeruk.

Hal ini membuat buah jeruk bermanfaat untuk kesehatan tubuh berupa peningkatan sistem kekebalan tubuh dan pencegahan terhadap penyakit.

doktersehat-jeruk-lemonSelain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan serat, cairan dan antioksidan yang tinggi.

Kandungan zat gizi yang ada pada buah jeruk tersebut merupakan kombinasi yang ada pada cukup banyak bagian buah jeruk. Sehingga, kita harus mampu memanfaatkan dan mengonsumsi bagian jeruk yang banyak mengandung zat gizi tersebut.

Lantas, apa saja hal bermanfaat yang bisa diperoleh tubuh yang jarang diketahui dari buah jeruk?

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dari buah jeruk, namun jarang diketahui didapatkan dari bagian-bagian buah jeruk yang jarang dikonsumsi.

Bagian-bagian buah ini biasanya disisihkan, tidak dimakan atau langsung dibuang saat mengonsumsi jeruk, padahal kita bisa mendapatkan manfaat yang hebat dari buah jeruk tersebut.

Untuk lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak beberapa manfaat dari buah jeruk yang jarang diketahui, di bawah ini!

1. Manfaat hebat dari kulit buah jeruk

Anda tentu sering bukan mengupas kulit jeruk dan langsung membuangnya? Hal ini kerap dianggap sebagai hal yang wajar dan harus dilakukan, padahal nyatanya kulit buah jeruk memiliki banyak manfaat yang luar biasa,lho.

Kulit buah jeruk, utamaya yang berwarna oranye kemerahan, memiliki kadar antioksidan yang tinggi.

Hal ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menambah asupan antioksidan yang ada pada tubuh tapi juga bisa memberikan tambahan aroma dan cita rasa khas jeruk yang super nikmat.

Kulit jeruk, utamanya yang tebal, bisa dimanfaatkan sebagai parutan penambah aroma pada masakan atau camilan, atau bagian kulit jeruk utuh ditambahkan dalam masakan dalam bentuk utuh sebagai penambah cita rasa dan antioksidan dalam tubuh.

2. Bagian serat putih pada kulit jeruk

Apakah Anda biasanya membuang bagian serat putih yang ada pada buah jeruk? Jika ya, maka sebaiknya hal ini tidak lagi Anda lakukan karena ternyata serat bagian putih pada buah jeruk sangat bermanfaat.

Serat bagian putih pada buah jeruk memiliki kandungan serat dan vitamin C yang tak kalah tingginya dari bagian daging buah.

doktersehat-serabut-jeruk
photo credit : pixabay.com

Hal ini membuat Anda dapat memperoleh manfaat asupan vitamin C dan serat yang maksimal saat mengonsumsi bagian daging buah jeruk beserta serat putihnya, bukan?

3. Konsumsi daging buah jeruk dalam porsi yang cukup

Seberapa banyak Anda mengonsumsi buah jeruk biasanya? Jika hanya dalam hitungan beberapa potongan atau siung saja, maka Anda akan kurang mendapatkan manfaat maksimal dari konsumsi daging buah jeruk, ya.

buah-jeruk-kupas-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

Anda dapat memperoleh manfaat berupa asupan cairan, serat, vitamin C, dan antioksidan jika Anda mengonsumsi buah jeruk dalam porsi yang cukup, yaitu sebanyak 2-3 buah ukuran sedang hingga besar dalam satu hari.