Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki kulit wajah yang kencang merupakan impian bagi setiap orang, khususnya wanita. Sebab, dengan kencangnya kulit wajah, maka seorang wanita akan terlihat lebih cantik dan selalu muda. Begitu pula sebaliknya, wajah akan terlihat lebih tua ketika kulit mulai tidak kencang, alias keriput.

3 Faktor Penyebab Wajah Menjadi Keriput

Photo Credit: Flickr.Com

Perlu diketahui, wajah keriput bukanlah sebuah kondisi yang hanya dikarenakan oleh bertambahnya usia. Buktinya, banyak sekali wanita muda yang mengalami penuaan dini sehingga kulit wajahnya mulai tak kencang dan terlihat lebih tua padahal usia masih belia. Nah, untuk mengetahui apa penyebabnya, simak informasi berikut ini yuk!

1. Radikal Bebas

Salah satu penyebab kulit wajah Anda menjadi keriput adalah karena serangan radikal bebas yang bisa merusak kolagen. Saat kolagen sudah kacau, maka kesehatan kulit terancam sehingga tak heran kekencangannya mulai mengendur. Apalagi jika radikal bebas tersebut terus-menerus menyerang, maka tidak menutup kemungkinan kulit akan mengalami kerusakan yang sulit ditangani.

2. Kebiasaan Merokok

Seperti diketahui, rokok mengandung berbagai macam senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya adalah nikotin. Ya, nikotin bisa menyebabkan proses aliran darah ke kulit menjadi terhambat. Akibatnya, kulit Anda menjadi kurang nutrisi untuk melakukan regenerasi sel. Dengan begitu, tak heran jika keriput mulai muncul pada wajah Anda. Hal ini bisa dikatakan sebagai penuaan dini, karena keriput bukan karena faktor usia, melainkan faktor lainnya, yaitu merokok.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Nutrisi Tidak Seimbang

Salah satu faktor penyebab keriput adalah asupan nutrisi yang tidak seimbang. Untuk mendapatkan kesehatan kulit, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin E serta zat besi. Sebab, kedua nutrisi tersebut bisa melindungi kulit dari dalam. Perbanyaklah makan buah, sayuran, dan minum air putih untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan kencang.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi