3 Faktor Penyebab Darah Menggumpal saat Menstruasi

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

DokterSehat.Com– Saat sedang menstruasi, gejala utama yang akan ditimbulkan adalah keluarnya darah dari rahim melalui vagina. Umumnya, darah yang keluar berwarna merah kehitaman dan berwujud encer. Hal tersebut menandakan bahwa kondisi tubuh Anda sedang sehat dan tidak ada masalah pada vagina maupun rahim.

Akan tetapi, terkadang darah yang keluar tidak hanya berwujud encer saja, tapi juga menggumpal dan berwarna merah cerah sedikit kehitaman. Keadaan tersebut bisa dibilang cukup normal, namun jika darah yang keluar terus menggumpal dan berlanjut, maka bisa jadi Anda mengalami sebuah kelainan.

Darah yang terlihat lebih kental dan banyak biasanya terjadi pada hari pertama menstruasi saja. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena gumpalan darah yang keluar saat menstruasi terjadi akibat zat anti pembekuan darah (koagulan) tidak memiliki cukup waktu untuk bekerja.

Selain itu, ada 3 faktor penyebab darah menstruasi menggumpal yang perlu Anda ketahui, sehingga Anda bisa mengatasinya.

1. Infeksi Rahim

Faktor penyebab darah menstruasi menggumpal yang pertama adalah terjadinya infeksi rahim. Rahim merupakan bagian terpenting bagi wanita, karena disitulah calon embrio akan tinggal. Jika terjadi infeksi pada rahim dan saluran rahim, maka waktu menstruasi menjadi lebih lama dan darah yang dikeluarkan lebih banyak dan menggumpal. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka aan menimbukan risiko terkena penyakit anemia atau tekanan darah rendah.

2. Mioma Uteri

Mioma uteri merupakan salah satu penyakit tumor yang ada di uterus dan akan memperluas ke permukaan endometrium. Mendengar kata tumor, tentu saja setiap orang akan merasa takut. Namun, untuk hal ini Anda tidak perlu takut, karena mioma uteri merupakan tumor jinak yang masih bisa ditangani. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan membuat darah yang keluar menjadi lebih banyak dan menggumpal saat menstruasi.

3. Perubahan Hormon

Pada saat sedang menstruasi, ada dua hormon yang sangat berpengaruh pada siklus ini, yakni hormon estrogen dan progesterone. Kedua hormon ini berfungsi untuk membentuk selaput dinding rahim. Jika komposisi hormon tersebut tidak seimbang, maka dapat terjadi pemebentukan dinding rahim yang tebal dan berlebihan, sehingga akan membuat darah menstruasi menjadi lebih banyak dan menggumpal.