Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak kidal adalah anak yang menggunakan tangan kiri sebagai tangan utamanya. Kondisi ini bukan hal yang berbahaya, sehingga orang tua tidak perlu memaksa anak untuk beralih menggunakan tangan kanan sebagai tangan utamanya.

3 Fakta Unik Tentang Anak Kidal

Kapan anak menunjukkan tanda bahwa ia kidal?

Tidak ada patokan khusus mengenai kapan anak bisa menunjukkan bahwa ia kidal. Beberapa anak menunjukkan dominasi tangan kiri setelah berusia di atas 1 tahun, sementara sebagian lagi pada usia 3-4 tahun. Namun para ahli berpendapat bahwa kidal sudah bisa diamati sejak bayi.

Umumnya bayi kidal dapat terlihat dari cara ia mengeksplorasi dunianya seperti memegang, memainkan mainan, menunjuk sesuatu dan makan dengan tangan kiri. Kidal merupakan suatu kondisi yang muncul secara herediter atau diturunkan. Jadi jika orang tuanya kidal, kemungkinan anak-anaknya juga akan kidal.

Fakta unik tentang anak kidal

Di Indonesia, banyak orang tua menganggap bahwa anak kidal tidak sesuai dengan budaya ketimuran yang menggunakan tangan kanan sebagai tangan utama. Hal ini kadang menyebabkan orang tua tidak bisa menerima kondisi anak yang kidal. Padahal, anak kidal juga memiliki keunikan tersendiri sehingga orang tua tidak perlu mengoreksi kondisi anak. Sedangkan mengenai norma sosial, hal tersebut dapat diatasi dengan melatih anak untuk bersalaman atau makan dengan tangan kanan.

Beberapa fakta unik tentang anak kidal antara lain:

1. Hanya ada 10 % di dunia

Di seluruh dunia diperkirakan ada 10 % dari jumloah total populasi yang kidal dan terbiasa menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas harian. Anak yang kidal berarti memiliki otak kanan yang lebih dominan, seperti halnya anak yang tidak kidal berarti memiliki otak kiri yang lebih dominan.

2. Anak kidal lebih mudah beradaptasi

Beberapa anak kidal mungkin akan kesulitan menggunakan barang-barang yang biasa ditujukan untuk pengguna tangan kanan seperti gunting atau mouse komputer. Namun anak kidal cenderung lebih cepat beradaptasi daripada anak yang tidak kidal. Mereka juga lebih cermat dalam membaca situasi dan umumnya lebih berhati-hati.

3. Anak kidal lebih mudah multitasking

Tahukan Anda bahwa otak anak kidal umumnya bekerja lebih cepat sehingga membuatnya lebih mudah melakukan multitasking dan menjalankan beberapa aktivitas sekaligus?. Selain itu anak yang kidal umumnya lebih mudah untuk berbakat di bidang seni.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Melihat fakta di atas, para orang tua seharusnya tidak perlu kecewa lagi jika memiliki anak yang kidal. Apa cerita unik Sobat Sehat dengan anak kidal? Yuk berbagi di kolom komentar!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi