DokterSehat.Com– Wajah kering dan kusam merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh wanita. Tak jarang pula, mereka merasa kurang percaya diri karena wajah kering dan kusam terlihat tidak segar dan sehat.  Wajah kering dan kusam terjadi karena kurangnya kelembapan pada kulit akibat pemakaian produk kecantikan yang salah, atau akibat gaya hidup yang kurang sehat.

doktersehat-tips-merawat-wajah

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah wajah kering dan kusam, serta menjadikannya tampak sehat dan terawat. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat kulit wajah menjadi lebih glowing.

1. Olahraga

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa masalah kulit wajah kering dan kusam disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, yakni kurangnya berolahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik kesehatan tubuh maupun kulit. Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan tampak glowing, maka lakukan olahraga secara rutin. Anda bisa memilih olahraga yang sederhana saja, seperti jogging selama 15-30 menit.

2. Penguapan

Penguapan atau steaming bisa Anda lakukan untuk membersihkan wajah dari kotorang yang menumpuk pada kulit wajah secara natural. Cara ini juga ampuh untuk membantu membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan racun di kulit lebih cepat. Penguapan tidak hanya dilakukan di pusat kecantikan saja, Anda juga bisa melakukannya di rumah, yakni dengan menggunakan air panas yang diletakkan dalam wadah berbentuk cembung. Diamkan terlebih dahulu air tersebut sampai tidak terlalu panas, kemudian letakkan wajah Anda di atas wadah tersebut dan tutup dengan handuk selama 10 menit. Jika Anda melakukan cara ini secara rutin, maka wajah Anda akan tampak cerah dan glowing.

3. Masker

Cara yang terakhir adalah menggunakan masker. Masker wajah memang memiliki manfaat untuk membuat wajah lebih cerah dan sehat karena kandungan nutrisi di dalamnya. Anda bisa menggunakan masker susu yang bisa dibuat sendiri di rumah, yaitu dengan mencampurkan susu bubuk dengan beberapa tetes air. Oleskan pada seluruh bagian wajah secara merata. Untuk mendapatkan wajah glowing, aplikasikan masker ini secara rutin yakni dua kali dalam seminggu.