Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah sehatkah cara Anda menyimpan makanan di kulkas? Kulkas kerap kita anggap sebagai tempat yang aman untuk menyimpan bahan makanan. Namun jika cara penyimpanan tidak tepat maka kualitas makanan yang kita simpan bisa berkurang lo.

3 Cara Sehat Menyimpan Makanan Di Kulkas

Mendinginkan makanan pada suhu tertentu menjadi salah satu poin penting dalam menjaga keamanan makanan. Tidak hanya untuk menjaga kualitas makanan hal ini juga mampu mencegah terjadinya kerusakan makanan yang bisa menyebabkan bahaya untuk kesehatan.

Untuk itu Center for Disease Control and Prevention menyebutkan ada tiga tips agar menyimpan bahan makanan tetap sehat saat di kulkas, yaitu:

1. Menjaga suhu kulkas

Fungsi kulkas tentu saja adalah untuk menjaga kualitas makanan di suhu rendah. Untuk itu kontrollah suhu kulkas selalu optimal dan menghindari suhu danger zone. Agar kita dapat memantau suhu kulkas tetap optimal, berbagai asosiasi kesehatan pangan dunia menganjurkan untuk menggunakan termometer temperatur khusus pada kulkas.

2. Segera menyimpan bahan makanan yang mudah basi

Jangan membiarkan bahan makanan yang mudah rusak atau basi tidak segera disimpan di kulkas. Makanan mentah misalnya ikan mentah, daging atau telur, mudah tercemar bakteri. Jika makanan tersebut telah lebih dari dua jam berada di danger zone atau suhu ruang lalu disimpan dalam kulkas maka risiko bakteri yang masuk dalam kulkas akan semakin besar dan bisa mengontaminasi bahan makanan lain.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Gunakan kulkas untuk mencairkan makanan beku

Selalu gunakan kulkas untuk melakukan thawing/mencairkan makanan beku. Hal ini penting karena umumnya kita mencairkan makanan beku di suhu ruang. Padahal kulkas adalah sarana tepat untuk mencairkan makanan beku karena suhu lebih terkontrol. Dengan begitu pemanfaatan kulkas untuk menjaga kualitas makanan bisa lebih maksimal.

Nah, itu dia tiga cara sehat menyimpan makanan di kulkas. Kini Anda bisa merasakan manfaat sehat dari kulkas dengan lebih baik, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi