Tak Hanya Untuk Penderita Diabetes, Ini 3 Cara Mudah Pilih Gula yang Super Sehat

doktersehat-gula-buah

DokterSehat.Com– Mungkin ada sudah hafal bahwa gula adalah bahan makanan yang harus dibatasi asupannya, ya. Hal ini seakan menjadi kebutuhan utamanya untuk penderita diabetes.

Akan tetapi, cara pemilihan gula yang sehat tidak hanya harus dilakukan oleh penderita diabetes saja, lho. Semakin cepat kita mampu memilih gula yang sehat, tentu manfaat dari pemilihan gula tersebut juga akan semakin optimal dalam tubuh, ya.

Meskipun harus dibatasi, nyatanya gula merupakan salah satu jenis zat gizi tetap boleh dikonsumsi sehari-hari, akan tetapi jenis dan porsinya haruslah dikontrol dengan tepat.

tes-kadar-gula-darah-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

Hal ini akan akan membuat tubuh kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan dengan maksimal namun tetap bisa menikmati rasa manis dari gula pada minuman.

Sedangkan, untuk penderita diabetes hal ini akan sangat baik untuk kondisi kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya keparahan penyakit.

Lantas bagaimana sih cara memilih gula yang super sehat?

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memilih gula atau pemanis yang sehat adalah dengan memilih pemanis yang alami, membandingkan kandungan kalori pada gula dan menghindari penggunaan gula buatan yang berbahaya.

Untuk lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak di bawah ini!

1. Mengutamakan menggunakan gula atau pemanis dari bahan alami

Baik untuk penderita diabetes ataupun tidak, memilih gula dari bahan alami sangatlah dianjurkan. Kandungan gula pada bahan alami jauh lebih unggul dari gula olahan atau gula buatan. Mengapa?

Hal ini disebabkan gula alami, yang biasanya masih ada pada beberapa bahan makanan alami pula, akan memberikan asupan vitamin, mineral, hingga antioksidan dalam tubuh. Kondisi ini tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh bukan?

merawat-rambut-dengan-madu-manuka-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Three-shots

Beberapa contoh pemanis atau gula yang bisa kita peroleh dari bahan makanan alami adalah sari buah alami, sari kurma, madu, atau bubuk kayu manis.

Anda tentu bisa mengolah bahan makanan tersebut sebagai tambahan dalam berbagai makanan dan minuman, bukan?

2. Pilih jenis atau merek gula yang lebih rendah kandungan kalorinya

Jika terpaksa harus memilih gula pasir atau gula buatan, Anda bisa memilih gula yang lebih sehat dengan membandingkan kandungan kalori yang lebih rendah antar gula satu dengan gula lainnya.

gula-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Gunilla G

Kini sudah semakin banyak olahan produk gula yang diproduksi dengan kandungan kalori lebih rendah dan telah dengan mudah diperoleh di pasaran.

Hal ini membuat Anda memiliki banyak pilihan alternatif gula yang lebih rendah kalori.

Beberapa jenis gula juga diproduksi dengan klaim nol kalori yang berarti kandungan kalorinya sangat rendah.

Selain gula rendah kalori, ada pula pilihan gula yang lebih sehat, yaitu gula yang menggunakan bahan pemanis alami yang bebas kalori, misalnya gula dari gula stevia.

3. Hindari gula buatan yang berbahaya

Dua cara di atas adalah cara menentukan pilihan gula yang sehat. Selain dua cara di atas, agar Anda dapat menghindari efek samping gula yang berbahaya bagi tubuh dengan tidak memilih gula yang cenderung merugikan bagi tubuh.

Gula buatan yang berbahaya untuk tubuh adalah gula yang berisiko menyebabkan banyak penyakit, misalnya kanker pada payudara dan kandung kemih.

doktersehat-gula-perman-diabetes
Photo Credit: Gunilla G

Kedua penyakit tersebut akan terjadi jika kita terlalu banyak dan sering mengonsumsi gula buatan jenis sakarin, aspartam, dan siklamat.

Ketiga gula buatan tersebut telah diteliti pada manusia dan terbukti meningkatkan risiko berbagai penyakit. Beberapa jenis gula di atas bahkan sudah dilarang di Amerika Serikat. Jadi, hindari ketiga jenis gula di atas dalam produk makanan Anda, ya.