Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di dalam tubuh manusia tidak hanya terdapat sel atau hormon baik saja, tapi juga terdapat sel buruk yang bisa membahayakan bagi kesehatan. Selain itu, tubuh manusia juga sering dirasuki berbagai macam racun yang didapatkan dari pola hidup kurang baik, misalnya terlalu sering mengonsumsi junkfood, obat-obatan, hingga polusi lingkungan sekitar.

doktersehat-minum-air-botol

Racun yang masuk ke tubuh tentunya bisa mengancam kesehatan Anda. Maka dari itu, setiap orang dianjurkan melakukan berbagai metode guna mengusir racun-racun tersebut. Nah, bagaimana cara mengusir racun di dalam tubuh?

1. Perbanyak Minum Air

Selain bisa mengatasi dehidrasi, air juga mampu mengusir racun di dalam tubuh Anda. Hal tersebut dikarenakan air bisa meningkatkan kinerja pencernaan dan meningkatkan fungsi hati. Sampai saat ini, banyak pakar yang mengatakan kalau air adalah salah satu cara yang paling mujarab untuk mengusir racun di dalam tubuh dengan merubahnya menjadi air kencing ataupun keringat.

2. Jaga Kebersihan Tubuh

Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang malas mandi dengan alasan dingin, ngantuk, lelah, dan sebagainya. Mereka justru hanya mencuci muka dan mengganti pakaian saja. Padahal, tanpa disadari saat melakukan aktivitas seharian, begitu banyak bakteri yang menempel pada tubuh. Jika dibiarkan, bakteri tersebut akan berkembang dan akhirnya menjadi racun yang bisa membahayakan kesehatan. Maka dari itu, usahakan mandi sepulang kerja atau setelah berolahraga.

3. Jauhi Bahan Kimia

Sudah menjadi rahasia umum jika bahan kimia memang tidak baik bagi tubuh seseorang. Bahan kimia sendiri bisa terdapat pada makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari. Lebih dari itu, bahan kimia juga terdapat pada alat kosmetik yang Anda gunakan. Maka dari itu, hindari makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia. Serta jangan terlalu banyak menggunakan alat kosmetik yang jelas-jelas dibuat menggunakan bahan kimia.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi