Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComJunkfood memang sudah dianggap sebagai makanan pokok bagi generasi milenial. Gaya hidup serta lingkungan mendorong para anak muda untuk lebih sering mengonsumsi makanan rendah gizi ini. Padahal, mereka sudah tahu betapa bahayanya junkfood bagi kesehatan. Tapi, karena sudah menjadi kebiasaan, ancaman kesehatan tersebut tidak digubris lagi.

3 Cara Mudah Beralih dari Junkfood ke Makanan Sehat

Photo Credit: pixabay.com

Hal yang mendasari anak muda masih suka mengonsumsi junkfood adalah tentang rasa yang menurut mereka nikmat. Ya, junkfood memang cukup nikmat dan pas komposisinya, tapi apakah kita tega menggaddaikan kesehatan hanya untuk kenikmatan? Nah, jika Anda adalah orang yang terbiasa mengsomsu junkfood dan sulit berhenti. Ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini.

  • Perhatikan Lingkungan

Pola hidup biasanya berawal dari faktor lingkungan dan pergaulan. Jika Anda mendapati lingkungan yang suka makan junkfood, ada baiknya Anda tidak terjerumus ke dalamnya. Lebih baik Anda bergaul dengan orang-orang yang suka mengsomsi makanan sederhana tapi sehat, misalnya sayuran, ikan, atau telur. Cara ini terbilang ampuh dan telah dibuktikan oleh beberapa responden survei.

  • Tambahkan Bumbu Atau Penyedap

Biasanya orang enggan mengonsumsi sayur karena rasanya yang tidak senikmat junkfood. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan berbagai cara, salah satunya adalah memberi bumbu tambahan, misalnya rempah atau bumbu penyedap lainnya. Tapi ingat, bumbunya harus bumbu alami dan tidak mengandung bahan kimia. Dengan sedikit perasa, maka lidah Anda akan terbiasa sehingga lambat laun Anda akan menyukai segala jenis sayuran.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  • Sadar Akan Kesehatan

Sehat itu mahal dan tidak bisa dibeli dengan apapun. Ya, itu adalah kalimat yang sering diucapkan oleh semua orang ketika mengingatkan tentang kesehatan. Kalimat tersebut memiliki tujuan agar setiap orang sadar akan kesehatan serta memprioritaskan kesehatannya. Nah, jika Anda adalah penggemar junkfood, maka sadarlah bahwa makanan tersebut bisa merusak kesehatan Anda, cepat atau lambat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi