Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Testosteron adalah salah satu jenis hormon yang penting bagi pria dewasa. Hormon ini termasuk sebagai hormon stereoid dari kelompok androgen yang memegang peranan penting bagi kesehatan seseorang. Umumnya, hormon testosteron akan muncul ketika seseorang telah memasuki usia dewasa dan akan mengalami peningkatan ketika bertambah usia.

3 Cara Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami

Sampai saat ini, hormon testosteron selalu dikaitkan dengan urusan seksual. Padahal, masih banyak lagi fungsi dari hormon yang satu ini, seperti menjaga otot, menangkal lemak, serta menjaga kepadatan tulang. Semakin baik produksi hormon testosteron, maka semakin baik pula kondisi fisik seseorang. Nah, untuk bisa menjaga jumlahnya, berikut adalah 3 cara alami yang bisa Anda lakukan.

1. Menambah Asupan Vitamin D

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Archive of Internal Medicine, ditemukan  hasil bahwa pria yang kekurangan vitamin D memiliki kadar testosteron rendah karena produksinya cukup buruk. Dengan keadaan seperti itu, seoran pria akan menjadi tidak bergairah dalam melakukan aktivitas seharia-hari. Oleh karenanya, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung asupan vitamin D untuk menjaga tingkat produksi testosteron.

2. Jaga Berat Badan

Lemak yang padat dan menumpuk pada tubuh ternyata bisa menurunkan kadar testosteron seseorang. Terlebih jika lemak tersebut terfokus pada satu tempat, misalnya perut. Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh University at Buffalo, bahwasanya 40 persen dari pria obesitas atau memiliki berat badan berlebih memiliki kadar testosteran yang buruk, alias sangat rendah. Solusinya adalah menurunkan berat badan dengan cara diet ataupun olahraga.

3. Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab menurunnya kadar testosteron adalah karena seseorang kurang tidur. Sebab, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tidur adalah salah satu cara tubuh mengusir racun serta memproduksi sel secara alami. Dari hasil studi yang dilakukan oleh University of Chicago Medical Center, mengatakan bahwa seorang pria yang kurang tidur selama seminggu bisa menurunkan tingkat testosteron hingga 15 persen.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi